Wabup: Peliharalah Kekompakan

UNTUK bersinerginya berbagai komponen yang ada, jagalah kekompakan. Misalnya, kebersamaan dan kekompakan antara Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karimun dengan Pemda Karimun selama ini, telah menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu kabupaten yang meraih banyak prestasi di bidang keagamaan. Itulah salah satu inti pidato sambutan Wakil Bupati (Wabup) Karimun, H. Anwar Hasyim pada acara Pisah-Sambut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, Selasa (28/11/17) pagi di aula Kemenag, Poros Karimun.

Wabup secara khusus menyampaikan tentang pentingnya kekompakan. Menanggapi pidato sambutan H. Afrizal, Kakankemenag yang lama dan H. Lukman, Kakankemenag yang baru yang menyebut begitu hebatnya perkembangan kehidupan bergama di Kabupaten Karimun, Wabup menyebut salah satu resep utamanya adalah karena adanya rasa bersama di antara berbagai komponen dalam masyarakat. "Walaupun Kemenag itu adalah instansi Pemerintah Pusat, namun Kepala Kantor Kemenag selama ini selalu mampu menunjukkan kekompakan dengan Pemda. Berbagai kegiatan dan bantuan dapat berjalan dengan baik.

Jadi, tidak heran jika guru-guru agama di Madrasah-madrasah, di TPA/ TPQ dll itu yang nota bene adalah tanggung jawab Pemerintah Pusat dengan Kemenag sebagai penanggung jawab dan pelaksana di daerah, tetap mendapat insentif dari Pemda Karimun sebagaimana guru-guru dari Kemdikbud, misalnya. Konon, di daerah (kabupaten) lain di Provinsi Kepri tidak berlaku kebijakan seperti ini. Dengan alasan tertentu, guru-guru agama di daerah lain itu tidak mendapatkan honor (insentif) dari Pemda setempat.

Banyak sekali kegiatan-kegiatan keagamaan yang secara bersama dikelola dan dikerjakan bersama antara Pemda dan Kemenag. Maka tidak heran kegiatan-kegiatan pembinaan dan pembelajaran alquran seperti kegiatan MTQ, peringatan Hari-hari Besar Islam, pembangunan dan pengelolaan rumah-rumah ibadah, begitu marak dan sukses di Karimun ini. "Kekompakan inilah yang harus kita jaga," pesan Wabup secara khusus kepada Kepala Kantor Kemenag yang baru.

Acara Pisah-Sambut dihadiri oleh seluruh pegawai di Kankemenag, para Ka-KUA, perwakilan guru-guru Agama, para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta dari FKPD. Acara diawali pembacaan ayat-ayat alquran, sambutan dari Tokoh Masyarakat yang disampaikan oleh M. Rasyid Nur. Lalu berturut-turut pidato perwakilan Guru-guru Agama, Kakankemenag yang lama dan yang baru, dan sambutan Wabup, lalu ditutup dengan doa oleh salah seorang Ka-KUA. Setelah foto bersama dan salam-salaman, acara ditutup dengan makan siang bersama.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: