IPHI Kabupaten Peringati Maulid Nabi di Tanjungbatu

AHAD (10/12/17) pagi, di Aula Haji Kundur. PD (Pengurus Daerah) IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun melaksanakan Tabligh Akbar memperingati maulid nabi Muhammad Saw 1439 yang dilaksanakan oleh PC (Pengurus Cabang) IPHI Kundur sebagai tuan rumah. Kegiatan ini merupakan program PD IPHI Kabupaten Karimun untuk tahun 2017. 

Menurut Ketua PD IPHI Kabupaten Karimun, kegiatan-kegiatan peringatan Hari-hari Besar Islam yang dilaksanakan oleh IPHI Kabupaten akan digilir-gilir antar pulau di Kabupaten Karimun. Tidak harus di Ibu Kota Kabupaten, Tanjungbalai Karimun saja. Demikian penjelasannya kepada para anggota IPHI yang hadir.

Hadir pada acara Tablig Akbar ini sebanyak 20 orang pengurus PD termasuk ketua, H. Haris Fadillah dan para Ketua I, II dan III serta beberapa orang Ketua Bagian kepengurusan IPHI Kabupaten Karimun lainnya. Selaku tuan rumah, hadir juga para pengurus dan anggota PC Kundur serta beberapa anggota dan pengurus dari PC Kundur Utara dan Kundur Barat yang satu pulau dengan PC Kundur. 

Memberikan tausiah pada acara yang baru pertama kali terselenggara di luar Pulau Karimun adalah al-ustaz Drs. H. Raja Sofyan dari Tanjungpinang.  Ustaz Raja Sofyan datang ke Karimun sehari sebelumnya dan bersama para pengurus PD ikut naik speed boat Tanjungbalai Karimun- Tanjungberlian. 

Urutan acara, diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh salah seorang anggota IPHI Kecamatan Kundur. Dilanjutkan dengan Sekapur Sirih oleh Ketua PC IPHI Kundur yang diwakili oleh Wakil Ketua mengingat ketuanya beralangan hadir karena sakit. Acara selanjutnya, berturut-turu Sambutan Camat Kundur yang diwakili Sekcam dan Sambutan Ketua PD IPHI Karimun, Haris Fadillah. Setelah selingan pembacaan satu rowi berzanji, diteruskan dengan acara intia Tabligh Akbar dengan uraian Maulid Nabi oleh ustaz Raja Sofyan.

Ada beberapa catatan sebagai inti sari tausiah ustaz yang suka melawak ini, antara lain, 1) Muhammad Saw itu, sejak proses nak lahir (masih dalam kandungan) hingga lahir dan kematiannya memiliki catatan-catatan yang sangat istimewa, 2) Kelahiran Nabi Muhammad disukai oleh semua orang termasuk yang belakangan memusuhi, 3) Halimah Saad yang menyusukan nabi yang semula tercatat ibu miskin, kurus, korengan tiba-tiba berubah hidupnya setelah menyusukan nabi. Hidupnya menjadi berkah karena dia menjadi ibu yang gemuk, ternaknya juga ikut gemuk, dll. 

Catatan lain, 4) Nabi Muhammad tercatat sebagai manusia, nabi dan rasul termulia namun Nabi Muhammad sendiri justeru mengatakan agama yang dibawanya jauh lebih mulia. Maka jaga dan ajarkanlah agama yang dia sudah sampaikan, 5) Jika ingin menciptakan rumah tangga sakinah, mawaddah warahmah maka amalkan dan ajarkan agama Nabi, 6) Beberapa sifat agar sakinah, mawaddah warahmah dapat diraih dalam keluarga maka hendaklah berlemah lembut, saling maaf, penyabar, bijak bicara, musyawarah, dst.dalam keluarga.

Hampir dua jam ustaz Sofyan menyampaikan ceramahnya yang ditutup dengan doa. Para jamaah anggota IPHI benar-benar puas dengan tausiah yang cukup panjang dan lengkap dari ustaz yang bertempat tinggal di Tanjungpinang itu. Dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pengurus IPHI karena selalu mengundangnya untuk mengisi kegiatan hari-hari besar Islam.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: