HMI Karimun Adakan Seminar Kebangsaan

BERTEMPAT di Gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, Selasa (30/07) pagi telah dilansgsungkan Seminar Kebangsaan yang ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Batam, Sekretariat Tanjungbalai Karimun. Seminar bertema, "Merajut Silaturrahmi Kelompok Masyarakat dalam Meminimalisir Paham Radikal untuk Menjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa," itu dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi.


Para peserta dalam seminar adalah para pelajar dan mahasiswa yang ada di Karimun. Hadir para siswa SMK Negeri 1, SMA Negeri 4, Mahasisw Universitas Karimun dan lainnya. Sementara beberapa orang pejabat di Karimun juga tampak hadir pada barisan depan kursi dalam gedung itu.

Tampil sebagai pembicara dalam seminar setengah hari ini adalah Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya, SIK, Yang Mewakili Dandim serta dari Kankemenag Kabupaten Karimun. Kakankemenag Kabupaten Karimun diwakili oleh Kasi Haji, Drs. H. Samsudin. Lalu ikut juga menjadi narasumber Ketua MUI yang diwakili oleh Drs. HM. Rasyid Nur, MM selaku Wakil Ketua serta utusan KAHMI Karimun, Dra. Hj. Maimunah.

Bupati Karimun dalam sambutan pembukaannya mengajak para peserta dan hadirin di seminar tersebut untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jika kita mampu menjaga persatuan dan kesatuan di daerah kita, maka kita artinya sudah berusaha menjaga persatuan dan kesatuan negara kita.

Pada sesi seminar yang juga diisi dengan tanya jawab antara peserta dengan narasumber setelah penyampaian materi selama 15 menit setiap narasumber, muncul diskusi yang cukup menarik. Seorang penanya mempertanyakan, mengapa targetnya hanya meminimalisir paham radikal saja? Mengapa tidak menghabisi, apa tidak bisa dihabisi? Begitu pertanyaan yang diajukan kepada perwakilan Kodim Tanjungbalai Karimun itu.

Pertanyaan lain, ditujukan kepada Kapolres yang bertanya tentang strategi kepolisian menangkal masuknya paham radikal ke Kabupaten Karimun. Semua pertanyaan dijawab dengan lugas oleh para narasumber yang mendapat pertanyaan tersebut. Seminar ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada semua narasumber.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: