Mnyaksikan Anak Sekolah di Awal Masuk Sekolah

SENIN (15/ 07/ 2019) lalu semua sekolah telah memulai aktivitasnya. Setelah libur dua pekan di akhir Semester Genap (TP 2018/ 2019), hari Senin itu semua sekolah dibuka kembali. Awal Tahu Pelajaran (TP) baru (2019/ 2020) segera akan bermula.

Salah satu sekolah yang sempat disaksikan di awal TP baru adalah sekolah-sekolah di bawah Yayasan Darul Mukmin Karimun. Ada tiga jenjang sekolah formal di sini, TK-IT, SD-IT dan SMP-IT Darul Mukmin selain sekolah non formal, TPQ- MDA dan Rumah Tahfizh. Seperti sekolah-sekolah --formal-- lainnya, sekolah di sini memulainya dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang sudah terkalender oleh Pemerintah.

TK Darul Mukmin, misalnya memulai kegiatan untuk peserta didik barunya dengan menyiapkan aneka balon yang dipajang tergantung di halaman sekolah. Aneka permainan mengawali MPLS ala TK-IT Darul Mukmin.
Aktivitas MPLS di TK-IT


Begitu juga di SD, ada banyak aktivitas di awal masuk sekolah. Dengan mengambil lokasi di halaman sekolah (SD) sendiri, para guru mengatur anak-didik dengan aneka kegiatan.

Dari salah seorang panitia MPLS diperoleh penjelasan bahwa untuk kegiatan di sekolahnya antara lain,    Tiga sekolah (TK-ITMP-IT) yang berada di bawah naungan YDM tampak sibuk di awal TP baru ini. Bahkan ketika di awal pagi

Sementara kegiatan di SMP-IT Darul Mukmin antarala, 1) Penyambutan peserta didik baru; 2) Pengenalan lingkungan sekolah; dan 3) Pertemuan wali murid. Ada juga kegiatan, 4) Pekan Taaruf plus hiburan dan 5) Gotong Royong. Kegiatan ini sudah dishare di akun FB Yayasan Darul Mukmin.

Di SD juga banyak kegiatan di awal masuk sekolah. Sebutlah misalnya, main game edukatif dan makan bersama, selain kegiatan yang sama seperti di unit sekolah lainn. Hampir semua unit melaksanakan kegiatan awal masuk dengan model masing-masing. Intinya adalah bagaimana mengenalkan peserta didik baru ke lingkungan sekolahnya sendiri.***
Kegiatan di SD-IT


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: