Dari Dekat, Grup Nasyid Smantika

Oleh Ponilawati, SAg, MMPd


NASYID merupakan lagu-lagu yang bernuansa Islami. Lagu-lagu nasyid banyak digemari dan ramai masyarakat yang menyukainya karena syairnya yang merupakan ungkapan harapan-harapan dan doa-doa yang dipohonkan kepada sang Kholiq.

Lagu-lagu nasyid pun sudah lama berkembang di seantero Indonesia serta seluruh daerah terutama daerah yang ramai masyarakat muslimnya. Di sekolah-sekolah  pun musik bercorak Islami ini juga tumbuh dan digemari anak-anak. Untuk mengejawantahkannya beberapa sekolah bahkan membentuk grup musik ini. Lahirlah grup-grup nasyid di sekolah-sekolah.

Salah satu grup nasyid yang ada di sekolah terdapat di Smantika (SMA Negeri 3 Karimun) yang merupakan keberadaannya merupakan salah satu kegiatan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) Bidang Rohis (Rohani Islam). Kebetulan penulis mengabdi (sebagai guru) di sekolah Negeri satu-satunya di Kecamatan Meral ini. Sebagai sebuah kebanggaan bagi keluarga sekolah dan tentu bagi saya sendiri, sekolah ini memiliki grup nasyid.
Saat Tampil

Grup Nasyid Smantika terbentuk sejak tahun 2015 lalu saat pimpinan sekolah diterajui oleh Drs. H. M.Rasyid Nur, MM. Sejak itu Grup Nasyid Smantika mulai mengikuti kompetisi Lomba Nasyid yang diadakan oleh beberapa instansi atau lembaga. Tahun perdana (2015) itu Grup Nasyid Smantika mengikuti lomba nasyid yang diadakan oleh KPPM Shodiq, sebuah organisasi anak-anak muda Islam. Nama kegiatannya adalah Rohis Expo 1 di Masjid Baitur Rahman, Tanjungbalai Karimun. Lahir, berdiri dan berlatih, langsung ikut lomba pada tahun itu.

Pada penampilan perdana itu SMA Negeri 3 Karimun tidak masuk nominasi sebagai juara oleh Dewan Juri. Juara harapan juga belum mampu diraih. Selanjutnya pada tahun 2016 kembali Grup Nasyid Smantika tampil. Selain lomba nasyid, SMA Negeri 3 Karimun juga mengikiti kompetisi Lomba Pidato, Lomba Foto Momen dan Stand Pameran yang merupakan tahun kedua KPPM Shadiq membuat kegiatan.

Pada lomba tahun kedua ini alhamdulillah Grup Nasyid Smantika mampu menyabet juara ke-2 dari 9 SLTA yang ikut se-Pulau Karimun, saat itu. Untuk lomba pidato mendapat juara ke-3 dari 9 sekolah juga.
Bersama Pembina

Selanjutnya pada tahun 2017, KPPM Shodiq kembali menggelar kegiatan dengan nama yang sama, Rohis Expo 3. Pada ajang adu kompetensi bidang seni anak-anak Rohis ini juga ada lomba nasyid. Dan Rohis SMA Negeri 3 Karimun kembali ikut. Pada keikutsertaan ketiga ini, Grup Nasyid Smantika semakin mengasah kemampuannya. Dan alhamdulillah, Grup Nasyid Smantika menyabet predikat utama, sebagai Juara ke-1 dari 10 regu SLTA (SMA, SMK dan MAyang ada di Karimun.

2018 Juara Bertahan
Pada keikutsertaan tahun 2018 yang tertunda pelaksanaannya di awal tahun 2019 dan merupakan ajang Rohis Expo 4 Tingkat SLTA dihelat oleh KPPM Shadiq Kabupaten Karimun, SMA Negeri 3 Karimun mampu mempertahankan predikat yang diraih pada tahun sebelumnya. Grup Nasyid Smantika mengukuhkan grupnya sebagai yang terbaik, bertahan di Juara ke-1. Hebatnya, pada tahun ini pesertanya tidak hanya SLTA se-Pulau Karimun namun juga diikuti oleh sekolah-sekolah dari luar Pulau Karimun.
Saat Menerima Hadiah

Kesuksesan demi kesuksesan ini tidak terlepas dari latihan dan pembinaan. Meskipun latihannya masih bersifat temporel dengan menyesuaikan dengan kebutuhan, tapi peran pelatih dan pembina sangatlah menentukan. Pada dua tahun pertama dan kedua (2015-2016), Nasyid Smantika dengan nama lengkap Grup Nasyid Smantika Voiece itu dibina oleh Septi Kurniawati, seorang guru Matematika yang saat ini sudah mutasi ke sekolah lain bersama saya sendiri. Dua tahun terakhir, kebetulan saya sendiri yang menjadi pembina. Sementara pelatih yang juga sangat menentukan adalah Ryan, SPd, personel Nasyid Sinai (2016), M. Nasrullah, SE (2018-2019) 

Angkatan Sekarang
Sebuah kebanggaan, mereka mampu berprestasi. Tentu saja ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan sekolah, orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya. Anak-anak muda bertalenta hebat ternyata cukup ramai di sekolah yang dulu dianggap sekolah 'buangan' itu. Kini, di bidang seni nasyid, sekolah ini tidak bisa lagi dipandang dengan sebelah mata. Dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah hingga ke Pembina Osis dan para guru ikut berpartisipasi mendorong siswa untuk berprestasi. Sekolah ini juga memiliki jargon prestasi PRESTASIKU PRESTASI KITA yang berarti setiap prestasi pribadi (individu) akan menjadi kebanggaan bersama.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: