Melihat Seleksi Calon Peserta Pembinaan MTQ Kabupaten Karimun

MEMPERSIAPKAN peserta MTQ Tingkat Kabupaten dan Provinsi adalah sebagian tugas LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kabupaten. Untuk menghadapi MTQ/ STQ Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepri tahun 2020 nanti, pada tahun 2019 ini LPTQ Kabupaten Karimun kembali akan melaksanakan kegiatan pembinaan peserta MTQ Kabupaten Karimun. Ini adalah bagian dari program persiapan MTQ Kabupaten dan Provinsi.

Sebagai salah satu program Pembinaan Alquran di LPTQ Kabupaten, kegiatan pembinaan yang mulai hari --Senin, 26/08/19-- ini dilaksanakan seleksi calon pesertanya untuk empat kecamatan diharapkan akan melahirkan calon peserta MTQ/ STQ di tingkat kabupaten bahkan provinsi ini. Mengingat, biasanya sangat ramai peminat untuk ikut Pembinaan LPTQ maka untuk pesertanya terlebih dahulu diseleksi untuk menyesuaikan dengan pagu anggaran yang tersedia.

Kegiatan seleksi calon peserta pembinaan untuk persiapan MTQ tahun depan itu dimulai dari permintaan oleh LPTQ Kabupaten Karimun kepada Kecamatan melalui LPTQ Kecamatan se-Kabupaten Karimun. Setelah semua kecamatan mengirimkan calon pesertanya untuk diseleksi barulah diadakan seleksi seperti hari ini, di Musolla Ashshomad ini.
Peserta seleksi bersama Ketua Umum LPTQ

Menurut catatan di LPTQ semua kecamatan telah mengirimkan pesertanya untuk diikutkan dalam seleksi calon peserta pembinaan. Ada sejumlah 444 orang peserta seleksi se-Kabupaten Karimun. Setiap kecamatan mengirimkan antara 6 orang hingga 108 orang. Jumlah ini sepenuhnya ditetapkan oleh kecamatan sesuai potensi yang ada di kecamatan. Berikut adalah daftar peserta yang dikirimkan oleh setiap kecamatan ke LPTQ Kabupaten.


DAFTAR PESERTA SELEKSI CALON PESERTA PEMBINAAN LPTQ KABUPATEN KARIMUN 2019 
01. KARIMUN         :  20  orang
02. TEBING              : 25   orang
03. MERAL BARAT :   6   orang
04. MERAL               :  21  orang
05. BELAT                 : 25   orang
06. KUBA                  :  73  orang
07. KUTA                   :  40 orang
08. KUNDUR             : 108 orang
09. UNGAR                : 22   orang
10. BURU                   :   53 orang
11. MORO                   : 31  orang
12. DURAI                  : 20  orang
TOTAL                         444 orang

Karena para peserta bertempat tinggal di setiap kecamatan yang berpencar-pencar di banyak tempat (pulau), maka seleksi dilaksanakan bertahap. Setiap tahap digabungkan untuk beberapa kecamatan dalam satu tempat (pulau). Seperti pada hari ini, dilangsungkan seleksinya di Kecamatan Tebing sebagai gabungan Kecamatan Tebing, Karimun, Meral dan Meral Barat.Sayangnya, ternyata tidak semua yang didaftarkan bisa hadir ke tempat seleksi. Alasannya karena berbenturan dengan jam sekolah. 

Untuk kecamatan-kecamatan yang berada di luar Pulau Karimun, direnancakan akan dilaksanakan di salah satu kecamatannya. Namun sampai saat ini belum bisa diumumkan karena akan menunggu kesepakatan antara beberapa kecamatan yang berdekatan. Kecamatan-kecamatan di Pulau Kundur direncanakan akan dilaksanakan di salah satu kecamatan yang ada di Pulau Kundur dan sekitarnya. Begitu juga kecamatan yang berada di Moro dan sekitarnya.

Dari hasil seleksi seluruh peserta kecamatan itulah nantinya akan ditetapkan sejumlah peserta yang akan masuk tahap pembinaan. Pembinaan ini akan berlangsung beberapa kali sesuai dengan alokasi dana yang tersedia. Semoga dapat menghasilkan calon peserta MTQ Tingkat Kabupaten bahkan provinsi ke depannya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: