Pemberian Imunisasi di SDIT Darul Mukmin dan Pesan untuk Ayah Bunda


PADA hari Senin (26/08/19) pagi bertempat di SD-IT Darul Mukmin dilaksanakan imunisasi bagi siswa SD-IT Darul Mukmin Karimun. Kegiatan dilaksanakan oleh tiga orang petugas dari Puskesmas Tanjungbalai Karimun. Pelaksanaan imunisasi sendiri dilaksanakan di ruang UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) SD-IT Darul Mukmin. Itulah salah satu program kesehatan untuk anak yang dilaksanakan oleh Puskesmas Tanjungbalai Karimun di sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Karimun.

Program imunisasi adalah program Pemerintah untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia mendapat imunisasi sesuai ketentuan dan takarannya. Kesehatan adalah hak setiap warga dan Pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan untuk masa depan itu.

Pemberian suntik imunisasi dan obat cacing di SD-IT Darul Mukmin  adalah bagian kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diprogramkan oleh Pemerintah melalui Puskesmas. Untuk sekolah di bawah YDM (Yayasan Darul Mukmin) telah dilaksanakan kepada 106 siswa kelas I. Pada kesempatan berikutnya akan diberikan imunisasi ke siswa kelas V. Ini, ternyata memang ditentukan demikian.

Menarik untuk diperhatikan bahwa berbarengan dengan pemberian imunisasi serta obat lainnya seperti obat cacing, misalnya oleh pihak sekolah juga secara khusus menjelaskan hal ini kepada orang tua siswa. Kepala Sekolah, melalui guru kelas memberikan penjelasan khusus melalui WAG di kelasnya untuk diperhatikan oleh ayah-bunda anak-anak tersebut.

Simaklah bunyi pengumuman yang disampaikan pihak sekolah kepada orang tua, agar pemberian imunisasi dan obat lainnya ini berjalan dengan baik dan dalam pengawasan orang tua. Inilah surat/ pengumuman tersebut:

Ayah bunda bersama ananda hari ini kami bagikan obat cacing sesuai dengan anjuran puskesmas
Hal-hal yang perlu di perhatikan terkait dengan obat cacing :
1. Bagi ananda yg menderita penyakit diare/demam/ penyakit lainnya tidak d anjurkan minum obat cacing, kecuali ananda sudah sehat (ditunda)
2. Waktu minum obat cacing jam 09.00 malam setelah makan
3. Obat cacing diminum dengan cara di kunyah/dihancurkan terlebih dahulu
4. Makan obat dibawah pengawasan orang tua
5. Ananda yang sudah makan obat cacing dalam jangka sebelum 6 bulan, diharapkan untuk menunda makan obat cacing ini, dan bleh dimakan setelah 6 bulan setelahnya
6. *khusus ananda kelas 1 yang mengikuti imunisasi : diharapkan agar ayah dan bunda untuk mengompres tangan ananda dengan air hangat jika area yang disuntik bengkak/sakit*

Terimakasih
wassalam
Cc. Kepsek

Jika semua pihak terlibat dan ambil peduli terhadap program imunisasi ini, di situlah tujuan dan sasarannya akan tercapai. Pemerintah (Puskesmas) dan pihak sekolah, termasuk yayasan (untuk sekolah swasta) sejatinya memang harus bahu-membahu demi kesehatan anak-anak kita di sekolah.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: