Teman Kecil Darul Mukmin 'Naik Haji'

KAMIS (29/08/19) pagi ini 'Teman Kecil' TK-IT Darul Mukmin sebanyak 60 orang melaksanakan praktik Manasik Haji. Menggunakan pakaian ihram sejak dari sekolah, anak-anak bersama guru-guru pembimbing sebanyak 12 orang berangkat 'Naik Haji' menggunakan dua bus ke Masjid Agung Kabupaten Karimun.

Di lingkungan Masajid Agung yang memiliki sarana dan fasilitas untuk praktik haji seperti miniatur ka'bah, mas'a dan jamarat para Teman Kecil TK-IT Darul Mukmin akan diajarkan dan dibimbing melaksanakan praktik manasik haji dan umroh. Kesemua Teman Kecil yang ikut ini adalah Kelas B. Demikian dijelaskan oleh Kepala TK-IT Darul Mukmin, Noor Famayani kepada Tanaikarimun.com pagi ini.

Lebih lanjut Ibu Fama (begitu ia disapa) menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin tahunan dengan mengambil momen pasca Idul Adha. Maksudnya setelah jamaah haji selesai mengerjakan wukuf di Arafah, di Tanah Suci sana," katanya menambahkan. Lebih dari itu, "Agar mudah menyampaikan kepada Teman Kecil arti manasik haji."

Saat ditanya tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, Ibu Fama mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya proigram Manasik Haji bagi Teman Kecil adalah untuk memenuhi pembelajaran tentang Rukun Islam yang ke-5, yaitu Menunaikan Haji Bagi yang Mampu. Diharapkan Teman Kecil TK-IT Darul Mukmin Karimun memahami apa yang dimaksud dan yang dilakukan saat berhaji. 

Tentang tema yang dibawa tahun ini adalah, "Dengan Manasik Haji Terbentuk Kesabaran Diri Teman Kecil TKIT Darul Mukmin." Ini penting untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak sedini mungkin. Dengan begitu, kenangan dan pemahaman ini akan terus ada di pikiran mereka. Kelak mereka dapat mewujudkan dan melaksanakan haji yang sesungguhnya.***




SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: