Peringatan 1 Muharam IPHI Kabupaten 1441 dan Penyambutan JH 1440

TANAIKARIMUN.COM - BERTEMPAT di Balai Pertemuan Haji Kabupaten Karimun, pagi Ahad (08/09/19) dilaksanakan peringatan Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1441 yang disejalankan dengan Penyambutan Jamaah Haji (JH) Kabupaten Karimun 1440, khususnya JH di Pulau Karimun. Mengingat jauhnya para JH Kabupaten Karimun lainnya, maka pada acara penyambutan JH ini hanya mengundang JH yang berasal dari Kecamatan-kecamatan di Pulau Karimun saja.

Ketua PD IPHI Kabupaten Karimun, H. Haris Fadillah dalam rapat persiapan beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa untuk acara Pertemuan Bulanan IPHI Kabupaten untuk September 2019 akan disejalankan dengan penyambutan JH Kabupaten sekaligus peringatan 1 Muharram 1441 tahun 2019 ini. Untuk pertemuan ini hanya melibatkan para haji-hajjah di Pulau Karimun saja. Menurut Ketua IPHI untuk mengundang para haji-hajjah yang terpisah di pulau-pulau lain tidaklah mudah. Maka, cukup JH yang ada di Pulau karimun saja sebagai mewakili. Kegiatan ini juga bagian dari kegiatan rutin, pertemuan bulanan IPHI Kabupaten yang selalu dilaksanakan pada pekan kedua setiap bulan. Demikian dijelaskan, Haris Fadillah.

Acara yang dimulai pukul 08.30 dengan menampilkan grup sholawat IPHI Kecamatan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh salah seorang anggota IPHI Hj. Hafshah. Selanjutnya pidato Kesan dan Pesan salah seorang JH yang baru kembali.dari Tanah Suci, H. Arfan. Dalam kata sambutannya, Arfan yang sehari-hari sebagai Camat Karimun menyatakan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya keberangkatan dan kepulangan haji tahun ini.

Dengan mimik haru Arfan menjelaskan rasa bangganya ketika kembali dari Tanah Suci. "Satu-satunya bupati yang menyambut jamaahnya pada saat kepulangan kami hanyalah Bupati Karimun," katanya setengah terisak. Bukan karena ingin memuji di hadapan bupati, katanya. Tapi adalah realita. Kami berasal dari tiga kabupaten/ kota. Tapi hanya Karimun yang bupatinya menjemput langsung ke Batam.

Sambutan selanjutnya yang seharusnya Ketua PD IPHI Kabupaten, namun karena bupati harus segera akan berangkat ke Tanjungbatu untuk satu acara lainnya, maka pengarahan bupati didahulukan. Dalam pengarahannya Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq mengingatkan bahwa para JH yang baru kembali dari Tanah Suci ini pada dasarnya sudah berhijrah. Bersempena acara yang juga memperingati Tahun Baru Hijriyah, bupati menjelaskan kaitan berhaji dengan hijrah atau berpindahnya para haji-hajjah dari status belum ke sudah berhaji. 

"Berpindah dari dulu belum berkesempatan berhaji, kini sudah berhaji, artinya Bapak-Ibu yang baru kembali ini sudah otomatis sudah berhijrah," jelasnya. "Maka mari kita buktikan hijrahnya kita dengan status haji yang kita miliki." Untuk membuktikan haji mabrur itu adalah dengan perubahan kita dari dulu belum taat menajdi lebih taat; dulu kurang rajin ke masjid kini tambah rajin.

Bupati juga mengajak hadirin untuk membacakan surah Al-Fatihah atas berpulangnya Pak H. Azali Samad, salah seorang pengurus PD IPHI Kabupaten yang juga Ketua IPHI PC Kecamatan Kundur. Semoga belyau dalam keadaan husnul khotimah, kata bupati mendaoakan.
Ceramah, tausiah agama pada kesempatan ini disampaikan oleh Drs. H. Raja Sufyan dari Tanjungpinang. Sementara sebelum tausiah, ketua PD IPHI Kabupaten Karimun menyampaikan sambutannya. Pak Haris, atas nama seluruh anggota IPHI Kabupaten juga mengajak hadirin untuk mengirimkan doa dengan membacakan ummul quran untuk H. Azali Samad.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: