Pesan-Pesan Bupati pada Acara Penyambutan JH Kab. Karimun: Haji Mesti Sabar untuk Mabrur

TANAIKARIMUN.COM - SETELAH menyambut dan menjemput langsung para Jamaah Haji (JH) Kabupaten Karimun ke Batam, Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dan rombongan naik kapal yang sama, Dumai Line dari Batam ke Karimun bersama jamaah. Sampai di Karimun langsung mengiringi JH ke Masjid Agung tempat dilaksanakannya seremoni Acara Penyambutan JH oleh Pemda Kabupaten Karimun.

Di Masjid Agung sudah ramai keluarga JH menanti. Mereka adalah keluarga JH yang sudah merindukan keluarganya selama 40 hari. Ada juga yang baru datang bersamaan rombongan haji. Bupati dan rombongannya yang sejak dari Batam sudah bersama, juga sudah hadir sekitar pukul 10-an itu. Selain pejabat utama kabupaten, hadir pula Tokoh Provinsi Kepri, Huzrin Hood dan beberapa tokoh masyarakat Kabupaten Karimun.

Acara penyambutan diawali dengan pidato Laporan Pelaksanaan Haji oleh Kepala Staf  Penyelenggaraan Haji Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri M. Noor yang juga Kakankemenag Kabupaten Karimun.  Lalu pidato Kesan dan Pesan salah seorang JH yang diwakili oleh H. Rizal Aidi. Dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan oleh bupati selaku Koordinator Penyelenggaraan Haji Kabupaten Karimun.

Pesan-pesan yang disampaikan oleh Bupati Karimun dalam sambutannya, antara lain,  1) Jadilah orang yang sabar sebagai bukti mabrurnya haji. Mempertahankan haji mabrur artinya mempertahankan diri menjadi umat yang baik. Salah satunya adalah menjaga sifat sabar. Para Haji-Hajjah ini harus lebih sabar ke depannya untuk membuktikan haji mabrurnya. 2) Hendaklah saling memaafkan. Untuk ini, atas nama Pemerintah kami meminta maaf dan berterima kasih kepada TPHD, TKHD, Karom, Karu dll yang mendapat tugas dari Pemerintah untuk sukses dan lancarnya pelaksanaan haji. Jika ada kekurangan dari Pemerintah, saya meminta maaf. Tugas-tugas itu sangatlah berat, sementara secara materi tidaklah seberapa yang didapatkan. Namun tetap harus saling memaafkan.

3) Masih berkaitan pesan sebelumnya, Bupati Aunur Rafiq juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada instansi penyelenggara haji seperti Kemenag. Karena ini adalah masalah agama, Kantor Kementerian Agamalah yang secara langsung sebagai penyelenggara haji. Kepada Kantor atau instansi lain seperti Imigrasi, Dinas Kesehatan, Kantor Pelabuhan, dll juga diucapkan terima kasih dan minta maaf.

Pesan bupati lainnya adalah, 4) Agar tabah dan berdoa atas musibah, seperti berpulangnya dua orang jamaah kita pada musim haji ini. Bupati juga menyatakan duka atas kepergian dua orang JH Karimun yang meninggal di Tanah Suci. "Kita doakan semoga mereka wafat dengan predikat husnul khotimah. Allah ampuni dosa-dosa mereka." Begitu dia memberikan pesan. ***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: