Serunya Ekskul Panahan di SMPIT Darul Mukmin Karimun


Oleh Nurman Anka Saputra, SPd
Kepala SMP-IT Darul Mukmin

SEBAGAI salah satu olagraga yang disunnahkan oleh Rasulullah Saw selain berenang dan berkuda, olahraga panahan memiliki berbagai keutamaan. Olahraga melepaskan anak panah dari busurnya menuju sasaran tertentu ini, ternyata dapat melatih konsentrasi, ketenangan dan keberanian mengambil keputusan untuk meraih kemennagan. Demikian disampaikan oleh coach Saiful Hidayat, guru SMP-IT Darul Mukmin Karimun sebagai pelatih Panahan pada kegiatan Ekstrakurikuler (Ekskul) SMP-IT Darul Mukmin Karimun kepada penulis.

"Calm, Focus, Brave, Win, inilah core atau inti dari olahraga ini," tuturnya menjelaskan beberapa hal berkaitan dengan kegiatan Ekskul Panahan di SMP-IT Darul Mukmin Karimun, baru-baru ini. Ada 20 peserta ekskul Panahan yang saat ini tekun belajar dan berlatih olahraga ini setiap jadwal panah.

Ekskul Panahan, sesuai jadwal diselenggarakan setiap Sabtu pagi di sekolah yang alat dan fasilitas pendukungnya sudah disediakan walupun masih sederhana. Harus saya jelaskan bahwa olahraga panahan merupakan salah satu Ekskul yang cukup digemari oleh siswa-wi SMP-IT Darul Mukmin Karimun.

Menggembirakan, karena juga sudah menyumbangkan prestasi bagi sekolah. Pada tahun 2016, SMP-IT Darul Mukmin ini meraih medali perak putra dan putri dalam ajang Lomba Memanah Tingkat SMP Islam Terpadu se-Kepulauan Riau. Selanjutnya di tahun 2017 untuk Tingkat Pemula Putri meraih medali perunggu dalam event Panahan se-Kepulauan Riau yang diadaka oleh BIFZA Archery dan PERPANI Batam pada saat itu. Siswa kita mewakili PERPANI Kab. Karimun sebagai induk organisasi Panahan di Daerah. Itu catatan dan sejarah manis bagi sekolah ini.

Sebagai Kepala SMP-IT Darul Mukmin Karimun yang juga pengurus PERPANI Kab.Karimun Bidang Pembinaan Prestasi, kita berharap ekskul Panahan yang baru dimulai medio 2016 lalu akan menjadi ekskul terbaik di SMP-IT Darul Mukmin Karimun. Yang pasti kita merupakan penggagas olahraga panahan untuk pemula di Kabupaten Karimun. Bekerjasama dengan Karimun Archery Club kita bertekad membumikan olahraga panahan dan menghadirkan prestasi di bumi berazam ini melalui sekolah ini.

Sekali lagi, saya berharap, ekskul panahan dapat lebih berkembang. Kita juga mendorong ananda siswa-siswi SMP-IT Darul Mukmin Karimun untuk dapat lebih serius dan juga bisa memiliki peralatan panahan sendiri, ke depannya. Kita tahu peralatan panahan yang standar memang tidak murah, namun InsyaAllah  sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan.

Setap Sabtu akan terlihat siswa dan siswi yang mengikuti panahan sangat enjoy dan bergembira bersama dalam setiap sesi latihan yang dibawakan oleh coach Saiful. Tentang latihan, biasanya mereka mengawali kegiatan dengan streching atau peregangan. Dilanjutkan latihan gerakan inti panahan, dan seterusnya dengan praktek memanah. Terakhir melaksanakan analisis hasil rambahan, scoring dan simulasi pertandingan. Dalam sesi simulasi pertandingan itu akan didapatkan sang pemenang point tertinggi dalam ekskul hari tersebut.

Serunya mereka berlatih panahan, menunjukkan bahwa ekskul ini memang menyenangkan anak-anak SMP-IT Darul Mukmin Karimun. Semoga suatu saat nanti akan lahir para pemanah andal dari SMP-IT Darul Mukmin Karimun ini. Saya optimis.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: