Umroh Solusi Kemiskinan dan Memakmurkan Kehidupan

Oleh Mochammad Nasrudin

TERNYATA umroh itu memiliki fungsi yang sangat banyak. Salah satunya adalah menyelesaikan masalah kita seperti kemiskinan dan memakmurkan kehidupan ekonomi kita. Boleh saja kita ragu jika belum pernah mengalaminya.
Dalam silaturrahmi saya ke berbagai macam teman yang saya kunjungi,  tidak sedikit diantara mereka yang mengeluhkan keadaan ekonomi mereka saat itu. Ada yang mengeluhkan lagi nganggur,  ada yang mengeluhkan lagi diuji dengan usaha yang bangkrut.  Ada yang mengeluhkan lagi sakit dan  ada pula yang mengeluhkan belum dapat jodoh,  dan ada yang mengeluhkan lagi bermacam masalah rumah tangganya, dll.  

Saya memberi solusi, cobalah umroh. Solusi dari saya, 'cobalah umroh'. Itu yang saya anjurkan. Insyaalloh segala persoalan hidupmu akan diselesaikan oleh Allah. Itulah perinsip yang selalu saya sampaikan kepada setiap yang mengeluhkan persoalan hidupnya.

Bagi orang yang biasa berpikir dengan otak kiri pasti menggerutu dan bilang ini solusi gila.
Bagaimana mungkin saya lagi bangkrut malah disuruh umroh.  Bagaimana mungkin saya lagi nganggur kok malah disuruh umroh?  Ini sinting.. Ini...pokoknya mengeluh, hehehe, pasti begitu gerutuny. "Iyalah, Ustad ada travel umroh,  pasti ustad ada maunya. Ustad mah untung saja,  lah saya,  apa ga semakin tercekik nantinya, hehehe.

Sabar, kata saya. Dengarkan jawaban saya.  Alasan yang saya berikan sampai selesai,  kalau sudahh selesai, silakan kalau Anda mau bantah.  Saya memberikan solusi ini,  juga bukan karena saya punya travel umroh.  Tapi memang ini solusi yang sangat maknyos.  Solusi ekstrim untuk memperbaiki keadaan kita.  

Kalau Anda memahami, lalu mau umroh, ga usah pakai travel saya.  Bagi saya ga ada masalah. Silakan pakai travel orang lain juga boleh.  Saya memberikan solusi ini untuk kebaikan Anda.  Tapi kalau Anda mencari harga yang murah,  fasilitas nomer 1, pelayanan terbaik,  cara termudah,  ya setahu saya, dan banyak orang ketahui, ya dengan travel saya inilah, hehehe. Insyaalloh. Ini bukan kecap selalu no.  1 ya,  tapi Anda boleh tanya,  Nanti saya Jelaskan dimana kelebihan travel kita dibanding yang lain. Maaf ya, sponsor dikit.

Oke, kenapa sih umroh justru menjadi solusi bagi kemiskinan dan segala persoalan hidup? Berikut alasannya : Yang pertama.. Umroh bisa mengahapus dosa dosa kita. Al Umroh ilal Umroh kaffarotun limaa bainahuma.  Dari satu Umroh ke Umroh yang lain mampu menghapus dosa dosa diantara keduanya. Alasan kenapa hidup kita sulit,  usaha kita bangkrut,  belum dapat jodoh,  banyak masalah menderah,  bisa jadi disebabkan dosa dosa kita yg sudah menggunung,  baik yg kita sadari atau tdk. 

Nabi Yunus as terbebas dari kurungan perut ikan paus,  Setelah minta ampun atas semua dosa dosa yang dilakukannya,  dengan mendawamkan bacaan Laa ilaha illa anta subhanaka innii kuntu minaddhoolimin.

Nabi Nuh juga menyarankan kepada umatnya untuk minta ampun kepada Allah agar mendapatkan rezeki berlimpah dari segala penjuru, sebagaimana dalam surat Nuh ayat 10-12. waqultustaqfiru robbakum innahu kaana qoffaro.yursilissama'u alaikum midrooro. Wayumdidkum biamwalin,  wabanin Wayaj'allakum jannatin Wayaj'allakun anhaaro. "Mintalah ampunan kpd Tuhanmu,  sesungguhnya ia maha pengampun. Maka niscaya Allah akan menurunkan hujan yg deras dari langit. Allah akan menambahkan harta kalian dan anak anak kalian. Allah akan memberikan kebun Kebun,  serta sungai yg akan mengairinya."

Ini semua adalah rezeki kemudahan yang akan Allah berikan kepada hambah Allah yang mendapatkan pengampunan.  Allah akan berikan rezeki berlimpah,  seperti anak,  kebahagiaan,  perusahaan,  kebun,  pokonya Allah akan manjakan kehidupan kita. Lbh jelas, silahkan baca tafsir Ibnu katsir ya.

Alasan kedua.  Allah dalam firmannya memberikan rumus kehidupan bagi hambah-Nya,  barang siapa mau kaya,  mau Allah lapangkan kehidupannya, ya sedekah atau infaq di jalan Allah. Sebagaimana Surat Aththolaq ayat 7. Liyunfiq dzu sa'atin min sa'atihi.....baca ya

Ayat ini adalah rumus kekayaan.  Bagi Orang yang mampu hendaknya ia berinfaq di jalan Allah, agar Allah langgengkan kekayaan yang dititipkan oleh Allah.  Bagi Orang yang miskin atau Allah sempitkan rezekinya hendaknya juga berinfaq sesuai apa yang Allah berikan kepada-Nya.  Allah tidak akan membebani seseorang di atas batas kemampuannya.  Allah akan menjadikan setelah kesulitan adalah kemudahan. Dan Allah berjanji dalam surat Al hadid 11. Barang siapa memberi pinjaman yg baik kpd Allah maka Allah akan menggantinya berlipat lipat ganda.

Nah umroh adalah bentuk pinjaman, infaq yang ekstrim kepada Alloh.  Kita tidak hanya memberikan harta kita,  tapi juga waktu,  tenaga,  dan jiwa kita hanya untuk memenuhi panggilan-Nya. Lalu apa balasan bagi orang yang mau berbuat apa saja demi Pengabaian kepada Allah,  selain jamuan yang indah,  berupa pelayanan hidup mulya di dunia dan akhirat, Allah Juga menjamin syurga bagi para pencinta Allah dan rosulNya.

Alasan ketiga. Allah berjanji akan mengganti berapa pun biaya yang kita keluarkan untuk kebutuhan Umroh. Berapa pun itu.  Jujur saya masih agak heran ketika melihat teman-teman  yang saya ajak umroh,  lalu terkesan berhitung terlalu kuat.  Cari biaya termurah lah,  berhitung terlalu lama,  dan Untung ruginya lah... Padahal Allah berjanji akan mengganti, sampai kita kurang percayanya sama janji Allah. Toh apa sih yang kita miliki sampai begitu berhitung nya kalau untuk Allah yang maha kaya dan maha memberi.  Kita itu sebenarnya tdk punya apa apa.  Apapun yang ada saat ini adalah titipan Allah semua, yang dititipkan utk menguji kita.  Apakah harta itu akan membuat kita bersyukur dan senantiasa ingat Allah,  ataukah ujian harta tersebut membuat kita lalai dan perhitungan dengan Allah yang sebenarnya semua harta kita adalah milik-Nya.

Berhitung ketika utk Allah,  pelit ketika untuk tujuan ibadah,  adalah tanda bahwa hati kita lekat thdp harta dan dunia. Itu tanda bahwa kita Sedang lupa dan lalai bahwa seakan harta itu semua milik kita,  sampai ketika kita diminta untuk meminjamkan di jalan Allah, kita berhitung dan pelit.... Hahahaha..... Harta itu punya Allah.... Sadarlah Jangan pelit kepada Allah ... Ini ujian... Ini ujian saudaraku.

Maka saat kita sedang Susah,  Sedang miskin,  Sedang terjerembab masalah,  maka solusinya bukan merasa memiliki thdp harta yang ada,  bukan pelit terhadap Allah,  bukan menjauh terhadap Allah,  Namun justru lepaskan semua perasaan merasa memiliki harta benda,  pasrahkan dan kembalikan semua kepada Allah. dekati Allah sedekat dekatnya. Bahkan sebisa mgkn datangi rumah Allah di muka bumi ini,  tempat ibadah tertua bagi manusia.

Maka Insyaalloh Allah akan mengamanahkan kembali kekayaan, kebahagiaan,  anak,  dll kepada kita, karena itu janji Allah kepada orang orang yang betaqwa. Maka jangan heran semakin sering orang berumroh bukannya makin miskin tapi justru makin kaya. Fa'tabiruu ya ulul albab la'allakum tattaqun.

Monas Inspire
Mochammad Nasrudin
081266557203


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: