Catatan dari Seminar DGI: Umroh Dulu Bayar Belakangan

TANAIKARIMUN.COM - BERTEMPAT di Ruang Pertemuan (meeting room) Lantai I Hotel Aston Karimun, Sabtu (16/11/19) siang dilaksanakan seminar DGI (Dini Grup Indonesia) PT. Samira Ali Wisata dengan tema 'Umroh Dulu Bayar Belakangan' yang diikuti 200-an orang peserta. DGI dengan travel PT. Samira Ali Wisata adalah travel umroh-haji yang mengenalkan sistem cicil dalam menunaikan ibadah umroh. Dengan membayar DP (down payment) alias uang muka sebesar kurang lebih 20 persen maka jamaah dapat diberangkatkan ke Tanah Suci sesuai akad. Dan sisa biaya akan dibayar sepulang dari umroh sesuai bunyi akadnya.

Jika jamaah ingin membayar lunas sebagaimana lazimnya, travel juga melayani. Tentu saja biayanya tidak sama dengan harga ketika paketnya diambil paket angsuran belakangan. Harga paket umroh tersebut berkisar antara Rp 22.500.000 (dua puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) hingga Rp 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah). Ditambah biaya untuk handling dan perlengkapan, transportasi masing-masing, surat mahram, laundry, pembuatan pasport, dll yang menjadi kebutuhan bersifat pribadi, tentu saja masih harus ada tambahan biaya lainnya.

Menurut perwakilan DGI Kabupaten Karimun, Mochammad Nasrudin untuk yang mengambil paket cicilan, "Biaya keberangkatannya ditanggulangi terlebih dahulu oleh satu lembaga keuangan syariah yang bekerja sama dengan Samira Ali Wisata, sisanya dilunaskan secara cicilan selepas umroh dilaksanakan," katanya. Ini seumpama kita mau membeli rumah atau kendaraan yang biayanya tidak mampu membayar sekaligus, tapi akan mampu membayarnya secara berangsur. Maka sesuai akad, angsuran itu disepakati.

Seminar yang sudah dilaksanakan beberapa kali ini di Hotel Aston, tampak diikuti dengan antusias sekali oleh peserta. Memberikan materi, selain Mochammad Nasrudin (dari Kabupaten Karimun) ada juga perwakilan DGI dari provinsi. Bahkan untuk hari Sabtu ini, dihadiri juga sebagai pemateri dari Jakarta, Limpad.

Ada jargon 3M yang disampaikan oleh pemateri dalam seminar ini. Ketiga M itu adalah MURAH, MUDAH dan MANTAP. Murah maksudnya adalah bahwa jika melaksanakan umroh bersama DGI maka jamaah mendapat pilihan paket yang lebih murah dari pada travel lain dengan standar pelayanan yang sama. Ada paket 'promo murah', paket 'reguler 21 jutaan' dan paket 'hemat umroh plus Turki'.

Mudah maksudnya adalah, 1) Informasi dapat diakses melalui call centre; 2) Ada website, aplikasi dan seminar di seluruh Indonesia; 3) Bayar seperlima sudah bisa langsung berangkat; 4) Dapat dicicil hingga 36 bulan; dan beberapa kemudahan lainnya. Sementara pengertian mantap dalam seminar DGI itu maksudnya bahwa jamaah akan mendapatkan dua koper keren, bagasi dan cabin koper ready di depan kamar; menggunakan receiver untuk tuntunan bacaan saat umroh dan beberapa hal lainnya.

Dari sekian banyak kemudahan dan kehebatan DGI ini, salah satu yang paling membantu masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah, yaitu diberikannya keringan membayar secara cicilan untuk keberangkatan beribadah umroh ke Tanah Suci. Pengertian 'mampu' (istithoah' itu tidak lagi pada kemampuan sekaligus. Tapi kemampuan membayar secara cicilan pun dapat dikategorikan sebagai mampu atau sanggup untuk berangkat umroh. Semoga hamba Allah yang tidak punya uang cukup sekaligus, namun dipastikan ada uang untuk mencicilnya, mereka ini bisa berangkat menunaikan kewajibannya pergi berhaji atau umroh.***
Kontak untuk Tindak Lanjut, Silakan Hubungi:
1) Mochammad Nasudin HP/ WA 081266557203 atau

2) M. Rasyid Nur HP 08127094687 - WA 081261024355

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: