Dari Turnamen Futsal U-11 Darul Mukmin: Menjaring Bibit Futsal Harusnya Sedari Awal

TANAIKARIMUN.COM - TURNAMEN futsal U-11 Darul Mukmin Tahun 2019 telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun yang diwakili oleh Kasi Peserta Didik dan Pendidikan Karakter, Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Tri Raharjo pada hari Jumat (25/10/19) sore. Kadisdik Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim kebetulan ada agenda kegiatan lain pada waktu bersamaan yang tidak dapat diwakilkan sehingga Kadiskdik tidak bisa hadir langsung pada acara pembukaan.

Kepala SD Swasta 017 Darul Mukmin, Alfitriadi, SPd I yang menjadi penanggung jawab Panitia Pelaksana Kegiatan turnamen menjelaskan bahwa turnamen dua tahunan ini sebenarnya adalah Turnamen Futsal Tingkat Kabupaten karena memperebutkan piala bergilir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. Dikatakannya, turnamen ini dihelat setiap dua tahun sekali di Darul Mukmin dengan memperebutkan piala bergilir tersebut serta hadiah lainnya.

Ketua Panitia pelaksana Turnamen Futsal Darul Mukmin, melalui Seksi Pertandingan, Wahyudi, SPd menjelaskan bahwa turnamen futsal untuk anak-anak usia maksimal 11 tahun ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015 yang diprakarsai oleh para guru yang berada di Yayasan Darul Mukmin. Atas prakarsa teman-teman guru di Darul Mukmin bersama beberapa orang guru Olahraga dari sekolah lain kegiatan ini terlaksana dengan mengajukan beberapa proposal bantuan untuk melaksanakan turnamen futsal antar Sekolah Dasar se-Pulau Karimun, waktu itu. Akhirnya kegiatan dapat terlaksana dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten saat itu (Pak Haris Fadillah) memberi satu unit piala untuk diperebutkan. "Inilah pialanya," kata Yudi menjelaskan.

Pada turnamen futsal tahun 2019 ini ada 24 regu dari 23 SD (Negeri dan Swasta) yang berkompetisi dalam pertandingan yang menggunakan sistem setengah kompetisi tahun 2019 ini. Ke-24 regu dibagi menjadi 8 grup yang masing-masing grup berisi tiga regu, regu A s.d. H. Pemenang dari setiap grup dipertemukan dengan pemenang grup lainnya sesuai ketentuan yang sudah disepakati. Pada babak ini akan dilakukan dengan sistem gugur.

Sampai pada babak semi final yang dimainkan pada hari  Senin (04/11/19) bertahan empat regu, masing-masing regu SDN 03 Tebing setelah menyingkirkan SDN 09 Meral 3-0. Regu SDN 06 Meral bertahan setelah mengalahkan regu SDN 11 Karimun, SDN 08 Tabing yang mengalahkan regu SDN 07 Karimun dengan skor 5-2 dan terakhir regu SDS 17 Darul Mukmin (regu 2) yang membenamkan regu SDN 01 Karimun dengan skor telak, 9-3.

Senin sore ini akan saling berhadapan SDN 03 Tebing menghadapi SDN 06 Meral, sementara pada partai lainnya akan saling berebut tempat di final antara SDN 08 Tebing menghadapi SDS 017 Darul Mukmin. Pemenang dari masing-masing partai akan berlaga besok (Selasa, 05/11/19) di tempat yang sama untuk memperebutkan tempat terttinggi, sebagai Juara I.

Satu target yang disasar oleh pelaksanaan Turnamen Futsal Darul Mukmin ini adalah untuk menjaring bibit-bibit pemain futsal sejak dini. Menjaring bibit pemain sebaiknya memang sejak awal. Sejak mereka masih ana-anak. Anak-anak yang berbakat dalam bermain futsal, atau bermain sepakbola, diharapkan muncul dari turnamen dua tahunan ini.

"Jika sejak awal anak-anak berkesempatan bermain si 'kulit bundar' dan dengan latihan  yang baik dan teratur dari guru-guru yang profesional, diharapkan kelak di kemudian hari anak-anak berbakat ini akan menjadi pemain futsal yang baik. Mereka diharapkan kelak tidak hanya bisa membela sekolah dan daerahnya, tapi juga bisa membela Bangsa dan Negaranya. Semoga.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: