11 Okt 2019

Field Trip Teman Kecil TKIT Darul Mukmin: Kenalkan Budidaya Ikan Sejak Dini

TANAIKARIMUN.COM - PADA Rabu (09/10/2019) lalu, teman kecil dari TK-IT Darul Mukmin Karimun mengadakan kunjungan ke Balai Benih Ikan (BBI) Teluk Lekup, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing. Kunjungan yang diberi nama 'Field Trip' Teman Kecil TKIT Darul Mukmin, itu diikuti sebanyak 68 orang Teman Kecil dan didampingi 12 orang guru termasuk Kepala Sekolahnya, Noor Famayani.
Dengan berseragam olahraga biru-biru para teman kecil terlihat memenuhi pinggiran kolam-kolam pembibitan dan kolam induk yang ada di komplek BBI Teluk Lekup untuk menyaksikan dari dekat bagaimana proses pembenihan ikan di situ dilakukan. "Kita mencoba memperkenalkan sejak dini bagimana budidaya ikan dilakukan," jelas Ibu Fama dalam rilisnya di Humas YDM yang dikutip Tanai Karimun.


Kedatangan anak-anak bersama guru dan Kepala TKIT Darul Mukmin ke lokasi pembenihan ikan dimaksudkan untuk sedini mungkin anak-anak kita bisa mengenal bagaimana pembenihan dan pemeliharaan ikan dilakukan. Jika sejak awal-awal mereka sudah memahami dan mereka akan mengingatnya hingga besar nanti, tentu akan berpengaruh kepada cara berpikir dan cara pandang mereka kepada hewan air itu. Sebagai orang yang tinggal di daerah yang lautnya jauh lebih luas dari pada daratannya, potensi hasil laut yang begitu besar perlu menjadi perhatian. Mereka kelak bisa saja menjadi bagian dari pengleolaan hasil laut seperti ikan itu. Begitu antara lain, maksud kegiatan ini.

Bunda Fama juga menjelaskan, ikan merupakan salah satu pangan sumber protein hewani yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Kita merasa perlu memperkenalkan berbagai jenis ikan dan cara budidayanya kepada anak-anak sejak dini, supaya mereka tahu bagaimana proses pemeliharaan ikan mulai dari bibit sampai bisa terhidang di meja makan. Sungguh, harapan yang sangat baik yang terkandung dalam kegiatan ini.

Dijelaskan juga oleh Kepala TK-IT Darul Mukmin, Noor Famayani bahwa  Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) BBI  Dinas Perikanan Kabupaten Karimun, Syaeful Bahri, S.St.Pi, sangat senang  dan antusias sekali menerima tamu-tamu kecil Darul Mukmin. Dia memberikan penjelasan dan pelayanan yang sangat memuaskan kepada tamu kecil pagi itu.

Syaeful Bahri yang turun langsung mendampingi anak-anak berkeliling lokasi BBI menerangkan kepada anak-anak tentang berbagai jenis ikan yang ada di kolam BBI. Selain menunjukkan berbagai contoh jenis ikan hidup yang dikembangkan di BBI tersebut seperti ikan lele albino,  ikan lele, ikan kipas, dan sebagainya, Syaiful juga mengajari anak-anak bagaimana cara menangkap  ikan-ikan yang ada di kolam. Anak-anak tampak begitu senang dan bersemangat mengikuti penjelasan pak Syaeful.

Selain memperkenalkan jenis-jenis ikan yang ada di kolam BBI, Syaeful juga memperlihatkan gambar-gambar ikan dan kura-kura sambil menjelaskan secara bagaimana membudidayakan ikan di kolam. Kepala UPT itu memberikan berbagai penjelasan dengan ringan dan menyenangkan bagi anak-anak kecil itu. Kegiatan Field Trip berakhir dengan kembalinya para tamu kecil ke sekolah.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar