Gubernur Buat Pengajian Bulanan Provinsi di Kabupaten Karimun

TANAIKARIMUN.COM - HARI Kamis (19/ 12/ 2019) ini ada dua kegiatan berlevel provinsi dihelat di Kabupaten Karimun. Pagi hingga sore, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri melaksanakan Prmanasik Haji Tingkat Provinsi yang diikuti oleh para Jamaah Calon Haji (JCH) musim haji 2020 (1441). Dilaksanakan di meeting room Aston Hotel Karimun, kegiatannya dibuka oleh Kakanwil yang diwakili Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh, H. Afrizal. Malamnya, bertempat di Masjid Agung Kabupaten Karimun, Gubernur Kepri pula melaksanakan acara Pengajian Bulanan yang merupakan program dari kantor Gubernur Kepri. 

Pengajian Bulanan Pemprov yang setiap bulan digilir tempatnya di kabupaten-kabupaten yang ada di Provinsi Kepri, untuk akhir tahun 2019 ini Plt Gubernur, H. Isdianto, S Sos MM menggilirkan di Kabupaten Karimun. "Pak Gubernur ingin balek kampung untuk pengajian bulanan kali ini," kata Sekda Provinsi Kepri, Dr. H. TS. Arif Fadillah, S Sos MSi saat menyampaikan pidato laporan di awal acara pengajian. Arif juga melaporkan bahwa untuk pengajian kali ini juga disejalankan dengan penyerahan insentif para Imam Hafizh (10, 20 dan 30 juz) yang ada di Kabupaten Karimun. Juga insentif para guru TPQ/ MDT, penyuluh agama Islam non PNS.

Plt. Gubernur Kepri, H. Isdianto, S Sos MM dalam pidato pengarahannya mengatakan bahwa program pengajian bulanan ini adalah kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya. "Untuk  kebijakan yang baik kita biasanya saling amankan. Dulu, ketika Karimun masih awal dan dipimpin (alm) Muhammad Sani, kita juga begitu. Mana yang baik, harus kita amankan." Lebih lanjut Plt Gubernur mengajak untuk mempertahankan budaya kita yang sejalan dengan agama Islam. Para guru yang malam ini kita serahkan insentifnya, insyaallah mereka akan menjaga budaya kita yang sejalan dengan agama," jelasnya. 

Memberikan ceramah pada pengajian bulanan ini adalah KH Tubagus Abu Arif M. Achsan, LC MS (Bogor), yang diundang oleh Pemprov Kepri. KH Abu Arif yang merupakan pimpinan Ponpes Fajar Dunia di Bogor sana memberikan tausiah dengan judul Alfatihah, Hidup Berkah, Rizki Melimpah, Raih Husnul Khatimah, dengan penuh semangat sekaligus menyenangkan jamaah. Kiyai Tubagus Arif yang memberikan ceramah dengan menggunakan LCD Proyektor itu cukup memukau jamaah Masjid Agung yang memadati lantai utama masjid Kabupaten itu. Panjang lebar dia menguraikan pemahaman tentang Surah Alfatihah satu per satu ayat. Dengan mengutip para ahli tafsir terkenal, Tubagus menjelaskan pemahaman ayat per ayat.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: