Karyawan Berdedikasi YDM 2019 Disabet Guru dari Unit TKIT

TANAIKARIMUN.COM - ADA yang istimewa dari Pengajian dan Rapat Bulanan Yayasan Darul Mukmin (YDM) edisi bulan November 2019 yang dilaksanakan pada hari Sabtu (16/11/19) pagi. Selain mendengarkan tausiah dari Ustaz Abdrurahman Nurani alias Ustaz Anai sebelum rapat dimulai, dalam rapat yang langsung dipimpin oleh Pembina YDM, Dr. Muhammad Hasbi, MSi, itu juga diumumkan para pemenang Karyawan Berdedikasi Tingkat Yayasan Tahun 2019.

Tentang pengumuman Karyawan Berdedikasi YDM sudah lama ditunggu-tunggu karyawan. Penghargaan ini adalah program YDM yang dimaksudkan untuk memacu dan memotivasi para karyawan di lingkungan YDM untuk bekerja dengan baik dan bersungguh-sungguh. Pembina YDM memberikan penghargaan berupa umroh kepada siapa saja yang berhasil menjadi yang terbaik, sebagai karyawan berdedikasi. Setiap tahun selalu diberikan kepada salah seorang karyawan yang dinilai layak menjadi karyawan yang berdedikasi untuk pergi menunaikan ibadah suci ke Tanah suci itu.

Untuk diketahui, ada beberapa kriteria yang dijadikan acuan untuk menetapkan para karyawan yang layak sebagai karyawan berdedikasi di YDM. Untuk kriteria tahun 2019 ini, misalnya selain kriteria sudah mengabdi sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun terus-menerus di YDM juga disyaratkan belum pernah mendapatkan penghargaan pergi umro dari yayasan. Baik atas prestasi dan dedikasi yang dinilai secara resmi seperti sekarang ini, maupun atas inisiasi pembina memberi apresiasi.

Tahun ini persyaratannya dibuat lebih detail agar terpilih karyawan yang benar-benar layak menjadi panutan atas dedikasinya itu. Selain dua syarat di atas ada aspek lain yang dijadikan kriteria penilaian antara lain seperti, kedispilinan, kepemimpinan, tanggung jawab, inisiatif, kerjasama, sikap, kejujuran, loyalitas dan kemampuan berkomunikasi. Juga ada tambahan lain, penampilan sehari-hari yang penilaiannya dilakukan teman-teman karyawan lainnya.


Untuk menentukan yang terbaik, yayasan membentuk Tim Penilai karyawan berdedikasi yang terdiri dari PLH Yayasan, Direktur SDM-Pendidikan dan Pengembangan Alquran serta semua Kepala Unit di lingkungan YDM. Ada tujuh orang yang di-SK-kan oleh yayasan sebagai tim Tim Penilai yang bekerja selama dua bulan untuk memberikan penilaian. Juga diminta penilaian teman sejawat sebagai penilaian. Berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan didapatkan tujuah orang karyawan yang layak untuk ikut seleksi. Tiga orang akan diumumkan sebagai yang terbaik dan salah satunya akan diberikan penghargaan berupa umroh.

Ketujuh orang karyawan yang memenuhi syarat masa pengabdian, yaitu 1) Syafii (unit TPQ/ MDA); 2) Syafniyanti, SPd (unit TKIT); 3) Dina Marlina Lubis, SPd (unit TKIT); 4) Heryati, SAg (unit TKIT); 5) Bahnizar Payung, SPd I (unit SDIT); 6) Tri Sandro, SIP (unit SMPIT); dan 7) Mahendra (unit SMPIT). 

Setelah dilakukan penilaian oleh Tim Penilai maka diputuskan tiga orang karyawan yang diberikan nilai tertinggi. Ketiganya adalah 1) Dina Marlina Lubis, SPd (unit TKIT); 2) Heryati, SAg (unit TKIT) 3) Mahendra (unit SMPIT). Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Yayasan Darul Mukmin No 107/ SK-YDMK/ XI/ 2019 tanggal 01 November 2019 tentang Penetapan Karyawan Berdedikasi Tahun 2019 ditetapkan bahwa karyawan yang akan diberikan penghargaan umroh untuk tahun ini adalah Dina Marlina Lubis, SPd, guru dari Unit TKIT YDM. Dengan demikian, ibu ini nanti akan berangkat di akhir tahun 2019 ke Tanah Suci dengan biaya sepenuhnya dari Yayasan Darul Mukmin.

Sebelum pengarahan sekaligus memimpin rapat oleh Pembina Yayasan, PLH Yayasan M. Rasyid Nur menyampaikan beberapa hal, antara lain bahwa mulai tahun 2019 atau selambat-lambatnya pada tahun 2020 akan ada guru atau pegawai 'terbaik' atau pegawai berdedikasi tingkat unit. Maksudnya, setiap satuan pendidikan --TPQ/ MDA, TKIT, SDIT, SMPIT dan Rumah Tahfizh-- akan mengumumkan juga para guru/ pegawai di unit (satuan) masing-masing sebagai guru atau pegawai terbaik yang layak dijadikan motivasi dan inspirasi oleh guru/ pegawai lainnya.***




SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: