Mengulang Kenang Lahirnya Komunitas Blogger Karimun (Dua Tahun Blogger Karimun)


Oleh M. Rasyid Nur
INILAH awal mula berdirinya Komunitas Blogger Karimun. Bermula dari pertemuan kecil beberapa penyuka blog dan website. Pertemuan tak resmi sambil 'ngopi' ini dilaksanakan di Lucky Food Court Karimun. Peretemuannya sendiri difasilitasi 'tak resmi' juga oleh pihak Polri. Saat itu, kebetulan Kapolresnya, AKBP Agus Fajaruddin ingin bertemu dengan para penyuka Medsos seperti FB, Twitter dan lainnya.

Melalui Kasat Intelnya, AKP Daeng Riandika Maharani pihak Polres menghubungi salah seorang teman yang bergelut di dunia IT, Mas Narno. Melalui dialah beredar undangan tak resmi itu ke beberapa orang. Dan itulah pertemuan Sabtu (23/09/17) malam itu terjadi. Ngopi sambil ngobrol IT, itulah topik awal yang berlanjut niat Polres untuk ikut memasyarakat media online untuk menangkal berita-berita hoax yang marak.

Pada pertemuan itu maka terbentuklah komunitas Blogger Kabupaten Karimun. Kebetulan saya dipercaya teman-teman untuk mengetuai di awal deklarasi ini. Saya hanya mengucapkan terima kasih dan innalillahi. Ini tulus di hati. Mari kita bersama di komunitas pencinta blogger atau medsos ini
Disaksikan Kafe Lucky Food Court, Kolong Sungai Lakam, Tanjungbalai Karimun (yang berhampiran dengan Mapolres Karimun) malam itu beberapa orang blogger dan netizen berkumpul untuk hajat ini.

Sekali lagi, inisiatif pertemuan memang datang dari Polres Karimun, melalui Kasat Intelkam, AKP Daeng Riandika Maharani. Malam Ahad itu, spontan dan kompak, disepakati deklarasi pembentukan Komunitas Blogger di kabupaten 'berazam' ini dengan tujuan dapat terhimpunnya para blogger Kabupaten Karimun.

Tentang inisiasi yang datang dari Polres Karimun, itu adalah karena sebenarnya ide mengumpulkan para blogger dengan tujuan meminimalisir atau menangkal berita hoax di media sosial (medsos) itu adalah untuk kepentingan ketentraman dan keamanan masyarakat dikaitkan dengan berita-berita hoax yang terus marak saat itu. Itu artinya memang bagian kepentingan dan tanggung jawab Polri sebagai pemegang tanggung jawab keamanan masyarakat.

Sebagai instisusi yang bertanggung jawab untuk keamanan dan ketentraman masyarakat di satu sisi, sementara di sisi lain berita hoax yang marak bisa merusak keamanan dan ketentraman itu sendiri, maka diambillah satu kebijakan oleh Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajaruddin untuk mengajak para blogger yang notabene bermain dan 'bergelut' dengan medsos, sehari-hari. Para blogger diajak untuk berkontribusi dalam menangkal hoax itu. Jadilah pertemuan para blogger karena pentingnya menjaga keamanan dan ketentraman. Artinya Polri berkepentingan dalam konteks ini.

Setelah Kasat Intelkam membeberkan tujuan para blogger yang diajak 'ngumpul' malam itu, maka dideklarasikanlah malam itu juga terbentuknya Komunitas Blogger Kabupaten Karimun. Semua yang hadir --ada tujuh orang-- sekaligus menjadi pengurus komunitas baru ini. Saya sendiri, entah karena sudah lebih tua atau entah karena alasan lain, diminta teman-teman menajdi ketua. Artinya yang dituakan. Ya, sudah terima saja amanah ini. Sebagai penyuka medsos, saya sangat antusias sebenarnya dengan ide dan kebijakan Polres Karimun ini. Apalagi, saya melihat orang-orang muda penuh energi malam ini. Sangat, sangat bagus jika mereka berpikir dan berbuat positif untuk daerah kita ini. Itulah sebabnya saya begitu senang dengan misi ini.

Dua malam berikutnya disepakati akan ada rapat lagi. Jika pada malam pertama ini sudah disepakati juga membuat media sosial semacam blog, maka malam keduanya akan diputuskan seperti apa dan apa nama blognya. Apakah akan membuat website yang lebih mandiri atau bentuk apa, rapat malam kedua yang memutuskannya.

Akhirnya disepakati bahwa media yang akan dibuat adalah dalam bentuk website. Nama websitenya juga disepakati Kariclick.Com Blogger Karimun sebagai wadah menampung dan penyalur pikiran dan ide-ide para blogger. Beberapa menu disediakan di halaman webiste ini, seperti Pendidikan, Teknologi, Seni Budaya, Gaya Hidup, Religi dan beberapa lagi. Silakan, para blogger boleh menulis menu apa saja. Bagi yang sekadar mencari informasi juga dapat sekadar membacanya saja.

Belakangan, website ini tidak berkembang. Postingan-postingan baru kurang. Dan tersebab beberapa hal lain, kini website milik Blogger Karimun disepakati diubah. Nama baru dan alamat baru yang saat ini aktif dan dikelola bersama oleh para blogger adalah dengan alamat  http://www.bloggerkarimun.com/ yang juga menjadi tanggung jawab bersama. Nama berubah tapi misi tetap sama.

Satu misi utama yang sesungguhnya diemban oleh pembuatan website ini adalah untuk menangkal berita-berita hoax yang marak di media sosial dewasa itu. Bahkan boleh jadi sampai hari ini masih terjadi. Harus kita akui, semakin banyaknya alternatif bacaan dari berbagai media, ternyata semakin banyak pula berita-berita yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Lain ditulis ternyata lain pula yang sesungguhnya terjadi. Itulah berita hoax.

Oleh Kapolres Karimun yang adalah penanggung jawab terdepan dalam hal Kamtibmas tentu saja sangat berkepentingan untuk keamanan daerah ini. Maka dirangkullah para blogger dan netizen di sini untuk bersama-sama menangkal berita-berita hoax itu. Caranya? Tentu saja dengan membaca semua informasi lebih teliti, mencari sumber asli dan pembandingnya. Dari situ kita bisa tahu bahwa sebuah informasi itu apakah benar atau sekadar berita bohong. Ini cara pertama.

Lalu, sebagai penulis juga di media sosial atau blog, para blogger ini diharapkan membuat tulisan lain yang bertujuan meluruskan atau menangkal berita-berita atau informasi yang diduga doax itu. Sebagai orang yang malang-melintang di dunia media, para blogger tentu saja sangat piawai membuat berita atau informasi pembanding agar masyarakat tidak cepat terjebak oleh berita yang sesungguhnya tidak benar.

Inilah misi utama dari berdirinya komunitas para blogger di Karimun yang dengan berkumpulnya para blogger ini akan menjadi kuat dalam memperjuangkan misi anti hoax itu. Semoga dengan deklarasi pendirian komunitas blogger juga otomatis tersemat deklarasi lain: bersama menangkal berita hoax.***
23092019

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: