Menuju Sagu Sabu Karimun 2 - Kepri 5 Tahun 2020


TANAIKARIMUN.COM - JIKA tiada aral melintang, awal tahun depan, menjelang akhir bulan Februari 2020 kembali akan dihelat Pelatihan Menulis Buku oleh Media Guru Indonesia di Kabupaten Karimun. Kegiatan yang dikenal dengan sebutan Sagu Sabu (Satu Guru Satu Buku) itu akan diikuti para guru dan non guru. Media Guru Indonesia sebagai institusi yang memiliki gagasan dan program ini sudah memberikan arahan waktu.

Kegiatan Sagu Sabu sudah pernah dilaksanakan di Kabupaten Karimun awal tahun ini. Persisnya pada 23-24 Februari 2019 yang lalu dengan narasumber langsung dari Media Guru Pusat, Pak M. Ihsan dan Pak Eko. Waktu itu pelaksanaanya dihelat di Meeting Room Hotel 21 Coastal Area, Karimun. Dan untuk yang pertama ini, CEO Media Guru, Pak Muhammad Ihsan akhirnya beralangan datang karena sesuatu yang tidak dapat dielakkan.

Jika rencana tahun ini terlaksana, maka kegiatan Sagu Sabu Karimun yang akan dilaksanakan pada 22-23 Februari nanti sudah merupakan Sagu Sabu Karimun ke-2 dan merupakan kegiatan Sagu Sabu ke-5 di Provinsi Kepri. Sebelum ini Sagu Sabu sudah terlaksana di Tanjungpinang --sebagai Sagu Sabu Kepri I-- yang diikuti waktu itu oleh para guru dari Provinsi Keperi ini. Lalu ada Sagu Sabu Kepri II juga di Tanjungpinang. Dua kegiatan Sagu Sabu lainnya dilaksanakan di Batam dan di Bintan. Itulah sebabnya, Sagu Sabu Karimun 2020 ini akan menjadi Sagu Sabu Kepri ke-5.

Kabupaten Karimun melaksanakan Pelatihan Sagu Sabu untuk pertama kali itu yang merupakan kegiatan Sagu Sabu ke-2 di Provinsi Kepri adalah sebagai efek 'virus' gairah menulis yang ditularkan oleh Sagu Sabu Kepri ke-1 itu.. Ketika pertama kali Kepri melaksanakannya di Tanjungpinang, beberapa orang guru dan pengawas sekolah yang menyukai literasi khususnya menulis ikut serta menjadi peserta. Dari beberapa orang alumni Sagu Sabu Kepri ke-1 inilah muncul ide membuat Sagu Sabu Karimun.

Pelaksana kegiatan di Karimun adalah para alumni Sagu Sabu Tanjungpinang yang kebetulan beberapa orang guru Kabupaten Karimun mengikutinya di Tanjungpinang itu. Dari alumni Sagu Sabu Tanjungpinang alias Kepri ke-1 itulah lahirnya panitia yang sukses melaksanakan Sagu Sabu Karimun untuk pertama kali, awal tahun ini. Beberapa kegiatan yang sama di Kabupaten/ Kota se-Provinsi Kepri pada hakikatnya adalah atas inisiatif para alumni Sagu Sabu sebelumnya.

Untuk Sagu Sabu ke-2 Kabupaten Karimun tahun 2020 itu nanti akan diikuti oleh seratusan guru dan pegawai di Kabupaten Karimun khususnya dan Provinsi Kepri umumnya. Yang sudah terdaftar, kebanyakan para guru dari Pulau Karimun dan beberapa guru dari luar Pulau Karimun. Helatan ini diharapkan lebih wah dari pada Sagu Sabu Karimun ke-1 lalu. Harapan besarnya tentu saja akan hadirnya secara langsung Pak Muhammad Ihsan, CEO Media Guru Indonesia yang pada kesempatan pertama belum jadi bisa hadir. Kini, para pencinta literasi di Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepri tengah bersiap dan menunggu hadirnya Sagu Sabu Karimun ke-2 alias Kepri ke-5. Semoga lancar.***
Tbk-09122019

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: