Pembinaan Dewan Hakim untuk Penyegaran Pengetahuan Hakim

Oleh M. Rasyid Nur
RAMAI-ramai di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Jumat (20/12/2019) pagi hingga siang menjelang petang, itu adalah karena adanya kegiatan Pembinaan Dewan Hakim MTQ (Musbaqoh Tilawatil Quran) bagi Dewan Hakim Kecamatan dan Kabupaten se-Kabupaten Karimun. Sebanyak 53 orang Hakim yang terdiri dari 48 orang Dewan Hakim utusan LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kecamatan se-Kabupaten Karimun ditambah 5 orang Dewan Hakim utusan LPTQ Kabupaten mengikuti kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim, MSi.

Kegiatan Pembinaan Dewan Hakim, ini adalah program kegiatan yang sudah direncanakan LPTQ Kabupaten Karimun sesuai hasil Musda (Musyawarah Daerah) LPTQ Kabupaten Karimun setahun yang lalu. Program Pembinaan Dewan Hakim ini sekaligus kelanjutan program Pembinaan Peserta MTQ Tingkat Kabupaten yang sudah dilaksanakan awal Desember lalu.

Ketua Harian menyampaikan laporan
Hadir pada acara pembukaan antara lain Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Drs. H. Jamzuri M. Noor, Kapolres Karimun yang diwakili Kabag Binmas, dari Makodim Tanjungbalai Karimun, Kabag Kesra Setda Kabupaten Karimun, Irwan Dinovri, SS TP, Camat Karimun, dan tentu saja pengurus harian LPTQ Kabupaten serta para peserta pembinaan. Acara pembukaannya diawali dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Linda, salah seorang staf Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Setda Kabupaten Karimun.

Lalu, setelah pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh salah seorang Dewan Hakim, Ustaz Abd. Rahim acara pembukaan dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua Harian LPTQ Kabupaten Karimun, Drs. HM. Rasyid Nur, MM (penulis). Dalam laporan ini, saya menyampaikan tujuan dan maksud kegiatan dilaksanakan, dasar kegiatan serta peserta kegiatan. Termasuk juga menyampaikan narasumber yang akan memberikan materi pembinaan. Sementara tentang biaya (anggaran) kegiatan dijelaskan merupakan bantuan dana hibah dari Pemda Karimun tahun 2019.


Foto Bersama sesudah penutupan

Sesungguhnya yang utama tujuan kegiatan ini adalah usaha meningkatkan kompetensi Dewan Hakim MTQ Kabupaten Karimun dalam profesinya sebagai Dewan Hakim. Jika saatnya nanti akan bertugas sebagai Dewan Hakim yang akan menilai peserta MTQ, baik di Tingkat Kecamatan maupun di Tingkat Kabupaten, para DEwan Hakim ini harus mampu memberikan penilaian yang objektif. Pembinaan ini diharapkan menjadi satu usaha untuk meningkatkan kemampuan pesrta dalam memberikan penilaian.

Mengingat awal tahun depan --Januari atau Februari-- sudah akan dilaksanakan MTQ Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Karimun, maka tugas dan tanggung jawab para 'juri mengaji' ini sudah menanti. Dari bulan Januari atau Februari hingga Maret nanti akan dilekasnakan MTQ Tingkat Kecamatan untuk mencari utusan masing-masing kecamatan pada MTQ Tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada bulan Maret atau April tahun depan itu. Jadi, pembinaan sangatlah penting. Semoga bisa mencapai harapan.***



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: