Strategi Menjaring Suara, Ketua DPD GOLKAR Mendaftar (juga) di PDI-P

TANAIKARIMUN.COM - UNTUK persiapan Pilkada Kabupaten Karimun tahun depan, Dr. H. Aunur Rafiq yang saat ini menjabat Bupti Karimun ikut mendaftar sebagai calon Bupati Karimun periode selanjutnya melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Karimun. Secara pribadi dia menjelaskan bahwa dia dapat juga mendaftar melalui partai lain selain di Partai GOLKAR. Rafiq yang juga adalah Ketua DPD Partai GOLKAR Kabupaten Karimun telah mengembalikan formulir pendaftaran sebagai Calon Bupati Karimun periode 2020-2024 pada hari Rabu (09/10/19) dengan diantar langsung ke Kantor DPC PDI-P Kabupaten Karimun.

Memperhatikan hasil Pemilu yang baru lalu, sesungguhnya dengan posisi Ketua DPD Partai GOLKAR yang mempunyai perwakilan, anggota DPRD terbanyak sebagai pemenang Pemilu 2019 lalu di DPRD Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq bisa mendaftar secara sendiri melalui Partai GOLKAR sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lainnya untuk menjadi calon bupati. Lagi pula dia adalah Bupati saat ini yang baru akan menyelesaikan masa baktinya untuk periode pertama.

Namun, seperti dijelaskan oleh Sekretaris Partai GOLKAR Kabupaten Karimun, Raja Rafiza, ST bahwa pendaftaran ini sebagai strategi menjaring suara dari luar partai sendiri. Rafi menjelaskan, "Mendaftar pada partai lain di luar partai sendiri juga merupakan cara yang jitu. Selain memperkuat posisi dengan suara sendiri, koalisi juga akan memperkuat lagi karena bergabung dengan partai lai."

Sementara Ketua DPD menambahkan, "Itu pun akan tergantung dari pengurus partai berlambang kepala banteng itu, nanti. Apakah DPD Provinsi dan DPP PDIP menerima pendaftaran kita dari partai di luar partai mereka, itu sangat tergantung dan akan ditentukan oleh partai itu sendiri." Begitu Rafiq menjelaskan. "Yang utama, kita berusaha untuk menjalin koalisi dengan partai manapun yang bersedia bergabung. Selebihnya kita harus terus menjalin kesamaan pandangan diantara koalisi partai, nantinya."
Partai GOLKAR sendiri belum membuka pendaftaran calon Kepala Daerah atau Wakilnya untuk Pilkada Kabupaten Karimun tahun 2020 itu. Partai GOLKAR masih menunggu keputusan dari 'atas'. Maksudnya dari DPD (Provinsi) dan DPP Partai GOLKAR sendiri. "Nanti kita juga akan membuka untuk siapa saja yang ingin mendaftar melalui Partai  GOLKAR," jelasnya menambahkan. Tentu saja, calon utama Partai GOLKAR adalah Aunur Rafiq sendiri selaku Ketua DPD yang sekaligus bupati saat ini.

Pada kesempatan mengembalikan formulir pendaftaran ke DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan kemarin itu, Rafiq didampingi oleh para pengurus DPD Partai GOLKAR Kabupaten Karimun dan beberapa orang kader partai. Ada Sekretaris DPD, ada beberapa orang Wakil Ketua serta beberapa pengurus DPD Partai GOLKAR lainnya yang sebelumnya berkumpul di Sekretariat DPD Partai Golkar. Sebelum berangkat ke Kantor DPC PDIP para pengurus (yang muslim) melaksanakan solat zuhur di Masjid Miftahul Jannah, setelah sebelumnya melaksanakan doa bersama di Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten Karimun yang tidak jauh dari masjid.

Apapu alasan mendaftar di partai selain partai sendiri, yang lebih penting dari pendaftaran itu adalah untuk terbukanya peluang dalam menjaring suara di luar partai sendiri. Strategi menjaring suara dari luar partai itu adalah bukti Partai GOLKAR sangat serius mengusung Ketua DPD menjadi calon bupati agar target memenangkan kontestasi Pilkada Bupati-Wakil Bupati nanti dapat menjadi kenyataan.

Penting bagi Partai GOLKAR untuk mendudukkan kembali Aunur Rafiq menjadi Bupati Karimun dalam periode keduanya. Diharapkan, program-program yang sudah direncanakan dan belum dapat direalisasikan pada periode pertama,  semoga pada periode kedua dapat terlaksana. Itu semuanya adalah untuk mewujudkan harapan masyarakat yang masih tertunda. Maka, semua pengurus dan kader Partai GOLKAR harus bersatu-padu, bahu-membahu dan bekerja maksimal untuk memenangkan calonnya, nanti.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: