Rapat IPHI Kabupaten: Manasik Haji Dilaksanakan Kembali

TANAIKARIMUN.COM - BERDASARKAN rapat Pengurus IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun, Ahad (12/01/2020) disepakati bahwa Manasik Haji akan tetap dilaksanakan kembali oleh PD IPHI sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Artinya, selain manasik haji yang akan diadakan Pemerintah melalui Kemenag (kabupaten dan kecamatan) PD IPHI Kabupaten Karimun juga tetap akan melaksanakan kegiatan yang sama untuk seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten tahun 2020 ini.

Ketua PD IPHI Karimun, H. Haris Fadillah yang memimpin rapat pengurus menjelaskan bahwa IPHI Kabupaten akan melaksanakan kegiatan manasik sebagaimana tahun-tahun yang lalu. "Kita akan bicarakan tentang biaya dan jadwal kegiatannya pada rapat ini," katanya membuka rapat bersama pengurus yang hadir. Dia meminta kesepakatan semua pengurus untuk tetap memberikan pelayanan berupa manasik haji bagi JCH Kabupaten Karimun tahun ini. Walaupun IPHI Kabupaten tidak mendapat bantuan hibah seperti tahun lalu, kita akan tetap mengadakan kegiatan manasik secara mandiri. Kita harapkan para JCH bersedia bergotong-royong untuk masalah biaya yang diperlukan dalam manasik nanti.

Disepakati, Pertama untuk pembiayaan adalah secara mandiri. Jika IPHI masih mempunyai dana kas, misalnya, rapat sepakat untuk membantu kegiatan manasik haji nanti seberapapun yang sanggup dibantu IPHI. Tapi biaya utama seperti konsumsi tentu saja diharapkan dari para JCH yang akan mengikuti manasik haji. Untuk besarannya, rapat sepakat memberikan amanah kepada bendahara dan beberapa pengurus untuk menghitung perkiraan biaya yang akan diperlukan pada kegiatan manasik nanti. "Dalam satu-dua hari ini diharapkan perkiraan biaya itu sudah jelas. Nanti akan kita sampaikan kepada para JCH," tambah Ketua IPHI itu.

Kesepakatan kedua adalah tentang panitia pelaksana. Diputuskan memberikan amanah tugas ini kepada para panitia tahun lalu dengan beberapa perubahan. Ketua, tetap dipercayakan kepada H. Syamsuddin yang merupakan salah satu Wakil Ketua IPHI saat ini. Petugas lain pada umumnya masih nama-nama tahun lalu, dengan menukar pos Koordinator Bidang Transportasi. Bagian kesehatan juga diganti dengan nama baru. Juga ada sedikit perubahan di panitia Kundur. Yang lainnya, sama.

Kesepakatan lainnya adalah waktu dan tempat kegiatan. Waktu akan menyesuaikan dengan informasi penetapan calon haji dari Pemerintah. Untuk jadwal juga diharapkan sebelum Ramadhan nanti sudah terlaksana Manasik Haji 2020 ini. Hal lain yang juga dibahas dalam rapat pengurus adalah rencana pelaksanaan Musda tahun ini juga. "Karena periode kepengurusan kita sudah akan berakhir, maka kita juga mempersiapkan rencana Musda pada tahun ini juga." Begitu Ketua IPHI, Haris Fadillah menjelaskan.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: