323 Santri Diwisuda Bupati

TANAIKARIMUN.COM - BERTEMPAT di halaman gedung Balai Pemuda Tanjungbatu, hari ini (Ahad, 09/02/2020) dilangsungkan wisuda santri. Para santri sebanyak 323 orang yang merupakan para santri dari 48 TPQ (Taman Pendidikan Quran) se-Kecamatan Kundurdiwisuda oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq dalam satu acara Wisuda Santra TPQ se-Kecamatan Kundur.

Prosesi wisuda yang dilaksanakan sekitar pukul 09.00 diawali dengan pembacaan ayat suci alquran oleh salah seorang santri yang baru-baru ini keluar sebagai peserta dengan nilai terbaik dalam kegiatan munaqasah santri se-Kecamatan Kundur. Dia membacakan ayat-ayat suci alquran secara murottal dalam bentuk hafalan. Lalu dilanjutkan dengan laporan oleh ketua panitia kegiatan.

Sebelum prosesi wisuda dengan baju kebesaran toga, Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq memberikan pengarahan. Dalam pengarahannya dia meminta kepada semua santri yang akan diwisuda pagi ini agar terus meningkatkan kualitas bacaannya. "Dari 300-an orang yang akan diwisuda ini kita berharap nanti akan muncul para qori-qoriah yang baik yang mampu bersaing dengan para qori-qoriah dari daerah lain dalam satu lomba seperti MTQ," kata Rafiq.

Kepada para guru dan para pengurus TPQ yang telah mendidik para santri ini Rafiq juga menyampaikan rasa terima kasih. "Perintah harus mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak-ibu guru dan para pengurus TPQ yang bekerja tanpa lelah dalam kesibukannya untuk mendidik anak-anak kita." Bupati juga sempat bertanya tentang iyuran santri di TPQ-TPQ yang ada di Kundur. Dia juga berterima kasih kepada orang tua santri yang ikut berpartisipasi memberikan iyuran untuk pendidikan anak-anaknya di TPQ.

Setelah pengarahan, barulah prosesi wisuda dilaksanakan dengan memanggil secara berurutan para santri untuk naik ke atas pentas wisuda. Bupati dan beberapa pejabat penting lainnya yang juga sudah menggunakan toga, berdiri rapi menanti anak-anak untuk dilakukan prosesi wisuda. Layaknya wisuda seorang sarjana, setiap santri yang dipanggil disalami oleh semua pejabat di atas pentas setelah sebelumnya pita topi toga itu dipindah letaknya oleh bupati pertanda wisuda sudah laksanakan.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: