Dari Pembukaan MTQ Kecamatan Meral Barat: Tampilan Teman Kecil Mengawali Acara

Catatan M. Rasyid Nur
SEBELUM Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq membuka secara resmi MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) Ke -7 Tingkat Kecamatan Meral Barat, Rabu (5/2/2020) malam, terlebih dahulu tampil beberapa acara. Seremoni pembukaan yang dihelat di halaman Kantor Camat Meral Barat wilayah Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral Kabupaten Karimun Kepulauan Riau, itu berlangsung meriah dengan aneka acara sebagai hiburan.

Yang menarik itu adalah tampilnya para putra-putri cilik, Teman Kecil dari Taman Kana-kanak ‘Yabunayya’ Meral barat. Mereka membawakan tari iringan kalimat-kalimat thoyyibah. Selain anak-anak dari Teman Kecil Yabunayya juga tampil grup drumband yang pemainnya juga anak-anak. Yang ini adalah siswa-siswi SD Negeri 09 Darussalam.

Kehadiran rombongan Bupati Karimun sebagaimana biasanya di Negeri Melayu disambut dengan tabuhan kompang yang dimainkan oleh masyarakat Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral Barat. Selanjutnya  Bupati bersama rombongan langsung berkunjung ke stand bazar yang disediakan oleh setiap Kelurahan dan Desa yang ada di wilayah Kecamatan Meral Barat untuk memeriahkan MTQ yang terkesan meriah itu. Selesai kunjungan stand bazar itulah acara Pembukaan MTQ dilaksanakan dengan tampilnya para putra-putri cilik itu.

Bagi pengunjung yang memadati arena MTQ, penampilan anak-anak yang rata-rata berusia antara 4-5 tahun itulah yang paling mengesankan. Lagi pula acara yang dilakonkan oleh anak-anak kecil ini ditampilkan di acaa paling awal. Meeka tampil sebelum pembukaan resmi yang diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran.

Setelah acara tarian iringan bacaan  thoyyibah oleh anak-anak TK Yabunayya, lalu defile kafilah MTQ dengan iringan drumband yang pemainnya juga anak-anak, lalu dilanjutkan dengan perembahan tarian perembahan. Lagi-lagi penarinya adalah siswa-siswi SD.
Tentu saja panitia MTQ tidak bermaksud buruk dengan mengeksploitasi anak-anak dalam acara resmi seperti MTQ ini. Tujuan dari panitia adalah untuk memberikan kesempatan pada momen MTQ ini kepada para generasi cilik ini membuktikan kehebatannya. Ini bagus-bagus saja, tentunya.

Adapun urut-urutan acara resmi setelah defile adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Karimun yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci alquran yang dibacakan oleh Rusnawati dan pembacaan do’a oleh Wakil Ketua KUA Kecamatan Meral Barat Abdullah. Setelah itu penyampaian Laporan Ketua Panitia dan sambutan camat Meral barat. Bagian akhir adalah sambutan Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang sekaligus membuka secara resmi MTQ Tingkat Kecamatan Meral ke-7 Tahun 2020 yang akan berlangsung dari 5 s.d. 8 Februari itu.

Menurut laporan panitia bahwa MTQ ini dimaksudkan untuk mengembangkan pemahaman kepada Al-Quran. Ketua Panitia, Ibu Fitria juga menjelaskan perihal cabang Al-Qur’an yang akan dilombakan, antara lain Tartil Al-Qur’an putra dan putri, cabang Tilawah Al-Qur’an anak-anak putra dan putri, cabang Tilawah Al-Qur’an remaja putra dan putri, cabang Tilawah Al-Qur’an dewasa putra dan putri, cabang Fahmil Al-Qur’an putra dan putri, serta cabang Syahril Al-Qur’an putra dan putri.
Tentang jumlah peserta MTQ, kata Fitria berjumlah 61 peserta, terdiri dari Kelurahan Darussalam 20 peserta, Kelurahan Pasir Panjang 20 peserta, Desa Pangke 7 peserta, Desa Pangke Barat 14 peserta. Semua kelurahan/ desa mengirimkan utusannya.

Sebelumnya, Camat Meral Barat Markus T. Tarigan juga melantik Dewan Hakim dan kemudian menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, Tarigan mengatakan, “Kita berharap Al-Qur’an benar-benar menjadi petunjuk dalam semua sendi kehidupan dan membacanya menjadi kebiasaan sehari-hari sehingga kita menjadi umat yang cinta kepada Al-Qur’an, katanya.

Camat Tarigan juga berharap kepada Dewan Hakim yang baru dikukuhkan semoga dapat bekerja dengan baik sehingga dapat memberikan penilaian dengan maksimal, ia juga berharap kepada seluruh masyarakat yang hadir agar selalu menjaga kebersihan.

Tentang pengelolaan lingkungan, Camat mengatakan, “Mari kita tetap jaga kebersihan lingkungan, jangan sampai melakukan pembakaran lahan perkebunan terutama yang berada di kawasan pinggir hutan, hal tersebut guna mendukung pemerintah meraih piala Adipura Kencana, semoga dengan MTQ ini kita bisa lebih akrab dan mempererat tali silaturahmi.”

Bagian akhir dari seremoni acara pembukaan, bupati menyampaikan sambutannya. Bupati mengatakan, “Atas nama Pemerintah Kabupaten Karimun, kami mengapresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan Meral Barat." Lebih lanjut bupati mengatakan bahwa meski keadaan ekonomi sedang sulit, namun dengan kerjasama dan gotong royong yang baik akhirnya terselenggara juga MTQ dengan berbagai kegiatannya, dari pawai ta’aruf, stand bazar hingga malam pembukaan ini yang sangat meriah. Demikian bupati mengatakan.
Menyaksikan ramainya masyarakat malam ini, kelihatan sekali betapa atusias masyarakat Meral Barat sangat luar biasa. Pengunjung sangat ramai. Semoga saja hingga empat malam ke depan bisa seperti ini terus. Itulah harapan kita.

Usai kata sambutan, Bupati Karimun Aunur Rafiq yang didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Karimun, Kepala Kemenag Kabupaten Karimun serta Camat Meral Barat membuka MTQ secara resmi dengan pemukulan beduk secara simbolis yang diiringi dengan tabuhan kompang, masyarakat juga dihibur dengan kemewahan lampu berwarna warni yang luar biasa indahnya yang bertanda bahwa MTQ telah dibuka, kemudian dilanjutkan lagu MTQ yang dinyanyikan oleh Siswa-siswi SMP Negeri 2 Meral Barat.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: