Dari Penutupan MTQ Kecamatan Ungar: Ada Sofi Lida di Sini


TERNYATA penyanyi top Kabupaten Karimun yang mewakili Provinsi Kepri di ajang Liga Dangdut (Lida) Indosiar itu hadir malam ini. Dia diundang dan ikut menyemarakkan Malam Penutupan MTQ (Musbaqoh Tilwatil Quran) Kecamatan Ungar, Rabu (26/02/2020) malam di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Ungar. Penyanyi yang lagi ngetop di Kabupaten Berazam, itu membawakan dua buah lagu bernuansa Islami di hadapan masyarakat Sungai Buluh, khususnya dan Kecamatan Ungar umumnya.
Seremoni penutupan MTQ adalah salah satu momen terpenting dari rangkaian pelaksanaan MTQ yang biasanya berlangsung 4-6 hari. Biasanya ada dua momen yang selalu ditunggu dan dikunjungi masyarakat, Malam Pembukaan dan Malam Penutupan. Di malam-malam kegiatan lomba malah sering sepi pengunjung. Sikap yang sesungguhnya kurang baik dalam usaha mensyiarkan alquran. Tapi begitulah masyarakat di sini.
Dan di malam penutupan ini, panitia mendatangkan artis tempatan yang baru saja berlaga di ajang Liga Dangdut yang diselenggarakan televisi Indosiar. Meskipun secara Nasional dia belum berhasil sebagai pemenang, tapi Sofi menjadi ikon penyanyi dangdut provinsi saat ini. Dialah wakil Provinsi Kepri di Lida Indosiar periode ini. Tentu saja namanya lagi 'hangat-hangat' dibicarakan masyarakat di sini.
Sebelum Sofi tampil, ada beberapa acara pokok, seremoni pembukaannya terlebih dahulu. Seperti biasa, diawali dengan persembahan Tari Persembahan dan Lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan pembacaan ayat suci alquran dan pembacaan doa serta sambutan-sambutan. Ada sambutan Ketua Panitia Pelaksana (Sekcam) dan Camat Ungar sendiri yang memberikan sambutan sebelum pidato pengarahan Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq untuk menutup secara resmi.
Sofi sendiri hanya tampil dua kali dengan dua lagu  bernuansa Islami. Di bagian awal sebelum sambutan satu lagu dan di bagian akhir setelah penutupan secara resmi oleh bupati satu lagu lagi. Jika di bagian awal Sofi bernyanyi solo sementara pada penampilan keduanya dia diiringi oleh tarian kolosal berlanggam kombinasi zafin dan dangdut. Tentu saja dua penampilan Sofi ini yang paling ditunggu oleh pengunjung.
Tidak perlu bertanya, mengapa bintang dangdut yang diundang panitia? Hmm, itu biasa karena masyarakat juga butuh hiburan mengasyikkan. Dan yang penting, penyanyinya hanya membawakan lagu bernuansa agama. Namanya juga kegiatan MTQ.***
Artikel yang sama ada juga di https://mrasyidnur.gurusiana.id/

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: