Melihat Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Meral

TANAIKARIMUN.COM - MALAM Ahad (01/02/2020) ini adalah malam yang penting bagi masyarakat Kecamatan Meral khususnya, Kabupaten Karimun umumnya. Inilah malam pembukaan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) Tingkat Kecamatan pertama musim MTQ Tahun 2020 di Kabupaten Karimun.

Akan ada 12 Kecamatan yang akan menghelat MTQ pada bulan Februari ini. Bermula hari pertama ini akan berakhir pada 23 Februari nanti. Setelah berakhirnya MTQ Tingkat Kecamatan nanti, akan berlanjut ke pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Karimun. Itulah keistimewaan pertama bagi Kecamatan Meral karena menjadi pembuka pintu dalam helatan MTQ tahun ini.

Hadir pada malam pembukaan ini selain Wakil Bupati mewakili Bupati yang kebetulan dinas ke luar kota juga ada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Dr. Muhammad Dali mewakili Plt. Gubernur yang juga berhalangan hadir.

Wakil Bupati dalam pidato sambutannya sebelum membuka secara resmi menjelaskan bahwa MTQ ini harus dimajukan karena jadwalnya dari rencana awal karena MTQ Provinsi Kepri juga dimajukan jadwalnya. 

"Satu bulan ini kita akan melaksanakan MTQ Tingkat Kecamatan. Dan jadwal MTQ Tingkat Kabupaten akan kita laksanakan pada 8-14 Maret nanti." Begitu Wakil Bupati menjelaskan dalam sambutan pengarahannya.

Wabup juga menegaskan kembali bahwa hasil MTQ Tingkat Kecamatan ini akan ditampilkan pada MTQ Tingkat Kabupaten sebagai filter terakhir untuk mewakili kabupaten Karimun di MTQ Tingkat Provinsi Kepri.

"MTQ ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk menampilkan kehidupan yang sesuai dengan tuntutan Al-Qur'an." Jadi, tidak sekadar mencari juara dan menjadi pelaksana MTQ terbaik saja. Begitu Wabup mengingatkan.

Sementara gubernur Kepri yang diwakili Kadisdik Kepri, Dr. Muhammad Dali, MM mengingatkan pentingnya MTQ ini sebagai pemersatu masyarakat. "Mari menjaga kebersamaan dan persatuan di tengah masyarakat." Begitu Gubernur mengingatkan. 

Dia juga mengajak masyarakat untuk senantiasa membaca Alquran setiap hari. Walaupun sebentar, tetaplah dibaca kitab suci kita ini. Demikian dia menghimbau dalam sambutannya.

Beberapa atraksi kesenian juga disuguhkan panitia pada malam pembukaan ini. Penampilan itu memang bagian dari acara pembukaannya. Mulai dari pembacaan ayat suci oleh H. Muhammad Abdul Wahid, sampai ke lagu mars MTQ yang dibawakan oleh Ibu-ibu dari Kecamatan Meral. Dengan seragam baju putih dan jilbab merah, kelihatan rapinya mereka di hadapan pengunjung.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: