UAS: Bayarlah Zakat dan Makanlah Makanan Halal

TANAIKARIMUN.COM - SAAT memberikan tausiah di hadapan jamaah yang memadati Mesjid Baiturrahman, Tanjungbalai Karimun, Jumat (14/02/2020) bakda subuh UAS mengingatkan kembali pentingnya umat Islam membayar zakat dan memakan makanan yang halal. Secara khusus ustaz kondang berlebel 'Tuan Guru UAS' itu menjelaskan pentingnya membayar zakat atau berinfaq dan memilih makanan yang halal sebagai patokan untuk makan.

"Ada daerah yang jumlah penduduknya tidak banyak tapi mampu mengumpulkan zakat hingga miliaran rupiah," jelasnya. Ternyata Pemda di sini ikut membuat peraturan agar masyarakat membayar zakat. Dan dengan uang zakat itu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Selain masalah zakat, UAS juga menguraikan tentang keharusan seorang muslim untuk memakan makanan halal. Termasuk bertransaksi dalam ekonomi secara syariah agar terhindar dari transaksi subhat apalagi haram. 

Kalau berurusan dengan bank, pilihlah bank syariah. "Bank konvensional khawatir masih ada jejak-jejak subhat bahkan haram," kata ustaz. Jika tak ada bank syariah, boleh saja bank konvensional tapi bunganya sebaiknya dipakai untuk kemaslahatan umat. Begitu ustaz mengingatkan. 

Sesungguhnya banyak sekali materi ceramah UAS, tapi dua hal ini penting untuk kita peringatkan kembali. UAS menjawab berbagai pertanyaan yang dikirim melalui catatan di kertas dengan berbagai materi juga.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: