Arab Saudi Tegas Melarang' Sekeliling Ka'bah Jadi Lapang


TANAIKARIMUN.COM - BERITA tentang sepinya di sekeliling ka'bah hari-hari belakangan adalah benar adanya. Bukan hoax, ternyata. Bukan juga fitnah dkatakan oleh beberapa orang melalui Medsos bahwa saat ini di Tanah Suci, Mekkah dan Madinah sangat sepi berbanding hari-hari sebelumnya. Orang-orang yang melaksanakan ibadah umroh tidak lagi seramai selama ini. Bahkan saat thowaf kelihatan sekali hanya berapa orang saja orang di sekitar ka'bah. Itu terlihat melalui layar kaca yang setiap saat disiarkan live oleg Televisi Saudi.

Semua itu bermula dari larangan Pemerintah Saudi Arabia untuk menghentikan sementara program umroh dari negara-negara yang dinyatakan adanya virus corona (covid19) yang awalnya ditemukan di Negeri China. Indonesia sendiri dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia, dan selalu mengirimkan jamaahnya terbanyak ke Arab Saudri juga terkena larangan itu.

Kebijakan itu tentu saja bermaksud baik. Pemerintah Arab Saudi tidak semata melarang karena sebab-sebab lain kecuali hanya karena menjaga keselamatan jamaah lain dari kemungkinan tertular virus corona seandainya kelonngaran (kebebasan) seperti biasa diberlakukan. Itu adalah kebijakan tegas yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

Sesungguhnya kebijakan menghentikan kedatangan jamaah umroh oleh Pemerintah Arab Saudi sangatlah merugikan Pemerintah Arab sendiri dari sisi ekonomi. Perputaran uang dan uang masuk dari program umroh itu sangatlah besar. Itu adalah devisa yang sangat besar untuk Arab Saudi. Tapi demi kesalamatan jamaah yang lebih banyak, dengan tegas Pemerintah Arab Saudi melakukan kebijakan penghentian ini. Mungkin sementara tapi tidak ada yang tahu sampai kapan berlakuknya.

Yang pasti dan yang kita saksikan hari-hari belakangan ini melalui layar televisi Arab Saudi, betapa di sekliling ka'bah tidak lagi seperti kemarin-kemarin. Tidak ada jumlah jamaah yang senantiasa memenuhi pelataran ka'bah dengan penuh sesak. Kini justeru begitu lengangnya manusia. Kelihatan juga saat ini, di sekeliling kabah itu dipagari pembatas sehingga jamaah tidak berada langsung di sekitar dinding kabah. Lengang itu adalah ketegasan untuk kebaikan.***
Ada juga di www.mrasyidnur.gurusiana.id/

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: