Komitmen itu Penting

Oleh M. Rasyid Nur
INI masalah komitmen. Tentang perlunya komitmen kita. Perlunya pertahanan yang kuat untuk menjaga janji. Janji kepada diri sendiri. Bukan janji kepada orang lain. Janji kepada diri sendiri lazimnya lebih mudah membuktikannya.

Hanya diri sendiri saja yang bisa memaksa diri untuk tidak ingkar janji pada diri sendiri. Selama kekuatan untuk komitmen kepada janji maka selama itu konsistensi akan bisa bertahan di hati. Janji kepada diri sendiri hanya berkaitan dengan diri itu sendiri.

Bahwa ada kesulitan, ya. Akan ada halangan dan tantangan, ya. Itu memang sunnah kehidupan. Setiap usaha untuk mendapatkan, wajib ada perjuangan. Dan perjuangan adalah usaha mengatasi kesulitan. Harus juga diingat bahwa di balik kesulitan, akan selalu ada kemudahan. Kesulitan ada tersebab adanya kemudahan.

Ketika misalnya kita sedang berjanji kepada diri untuk menyelesaikan tugas, katakanlah tugas menulis per waktu yang sudah ditetapkan, maka di situlah komitmen wajib dijaga. Jangan alasan sulit menyebabkan kita mengubah janji kepada diri sendiri. Inilah inti mengatasi kesulitan. Kalahkan diri sendiri.

Jadi, sulit atau kesulitan bukanlah tempat kita berkelit dari tugas dan tanggung jawab. Pokoknya tunaikan kewajiban sebagaimana sudah ditekadkan. Jauhkan sikap merasa kesulitan. Itulah komitmen. Komitmen kepada diri sendiri.***

Ada juga di www.mrasyidnur.gurusiana.id

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: