Guru ke Sekolah, Anak Tetap Belajar di Rumah

Tanaikarimun.com, Karimun - TERHITUNG Jumat (05/06/2020) lalu di Karimun, Kepri umumnya sekolah kembali dibuka pasca IdulFitri. Itu pekan pertama Juni 2020. Hari Senin (08/06/2020) berarti hari pertama pekan kedua para guru dan pegawai ke sekolah pasca lebaran Idulfitri 1441 (2020) ini. Yang hadir ke sekolah sesuai edaran Pemerintah hanyalah guru dan pegawai saja. Siswanya masih tetap di rumah. Dengan begitu, BDR (Belajar di Rumah) tetap diperpanjang seperti sudah berlaku sejak sebelum puasa dan IdulFitri lalu itu. 

Guru ke sekolah, anak-anak tetap di rumah, begitulah keadaannya saat ini. Anak-anak di rumah tidak akan ada pertanyaannya. Alasan kita semuanya sama. Demi kesehatan, antisipasi terpapar covid-19 dan lainnya, mereka belum dibolehkan ke sekolah. Belajar di rumah secara daring atau luring tetap dilanjutkan. Bahkan hingga penilaian semester genap anak-anak akan tetap di rumah. Sekolah sudah mengumumkan begitu dengan mengacu ke kebijakan Pemerintah.

Menjadi pertanyaan itu adalah guru dan karyawan TU-nya mengapa harus ke sekolah? Apa yang mengharuskan guru dan pegawai TU ke sekolah sejak pekan lalu itu? Ternyata selain mengisi Daftar Hadir sebagai bahan laporan ke Dinas Pendidikan, para guru dan pegawai juga mempunyai banyak tugas (program) lain untuk dikerjakan di sekolah.

Menjelang menutup akhir tahun, artinya program pendidikan di sekolah adalah memastikan anak-anak yang dikategorikan berhasil dan akan naik ke kelas (tingkat) selanjutnya. Itu berarti harus ada ujian (PAS = Penilaian Akhir Semester) yang sudah termasuk kalender pendidikan sejak awal tahun pelajaran. Kini waktu penilaian itu sudah sampai. Artinya harus dilaksanakan. Nah, untuk persiapan ini para guru dan karyawan harus ke sekolah.

Untuk anak-anak kelas 9 (kelas III SLTP) juga sudah terjadwal kegiatan Rapat Penentuan Kelulusan dan Pengumuman Kelulusannya. Juga bertepatan dengan pasca Idul Fitri juga. Jadi, para guru wajib mempersiapkannya. Bisa saja tetap di rumah. Rapat kelulusan juga bisa melalui vidcom. Tapi beberapa paersiapannya ada di sekolah.

Kini, menjelang berakhirnya Tahun Pelajaran 2019-2020 para guru memang diminta hadir ke sekolah setiap hari. Bagi guru kelas 1-5, 7-8 dan 10-11 yang masih melaksanakan pembelajaran, dapat melanjutkan pembelajaran daringnya dari sekolah. Fasilitas yang ada di sekolah dapat dipergunakan. Sedangkan guru kelas akhir (6, 9 dan 12) dapat melaksanakan kegiatan lainnya. Yang penting, sebagai guru kita memang selalu siap untuk melaksanakan kewajiban kita sebagai guru. Kapan dan dimana pun.*** (mrasyidnur)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: