Pengelolaan Pendidikan di Era New Normal, Penyesuaian itu Mutlak

Catatan M. Rasyid Nur


TENTU saja menjadi sebuah kebanggaan. Hari Ahad (28/06/2020) ini masih dapat menambah ilmu dan wawasan meskipun dengan keharusan menyesuaikan jadwal kegiatan. Sejatinya hari Ahad kelazimannya berkegiatan yang sedikit lebih ringan. Sebagai hari di akhir pekan kita menjadwalkan kegiatan yang lebih kepada kegiatan hiburan. Nama selalu disebut sebagai hari libur.

Hidup dan beraktivitas di era pandemic covid-19 atau sesudahnya, yang disebut juga sebagai era normal baru (new normal) ternyata mengharuskan kita untuk siap beraktivitas apa saja di setiap hari apa saja. tidak ada lagi keharusan membeda-bedakan waktu dengan sebutan hari akhir pekan dan atau hari liburan  di akhir pekan.

Semua kegiatan kini dapat saja dilakukan di semua hari dan di semua tempat. Itulah era new normal yang suka-suka tidak suka akan bersama kita setelah dan selama bersama dengan covid-19 ini. Itulah yang pada hari Ahad ini kami beberapa orang pengurus yayasan yang mengelola beberapa satuan pendidikan (sekolah) mendapatkan pencerahan dari KPI (Kualita Pendidikan Indonesia) yang merupakan konsultan pendidikan yang berpusat di Surabaya. Tentu saja dengan cara daring, menggunakan aplikasi zoom.

Yang pentingnya adalah kami mendapatkan penekanan kembali mengenai hal-hal penting yang mesti dilakukan di era pandemic covid dan atau setelahnya. Penyesuaian ini sudah pasti sangat penting.

Setidak-tidaknya ada empat fokus (bidang) yang mesti diperhatikan sekolah dalam menyusun strategi dan kebijakan secara tepat dalam antisipasi New Normal,
1.       Bidang Kesehatan dan Keamanan Sekolah;
Menyiapkan dan melaksanakan protokol kesehatan serta keselamatan di lingkungan kerja. Sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan Pemerintah melalui Kemdikbud yang wajib mengutamakan kesehatan dan keselamatan dalam pengelolaan sekolah, maka semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sekolah dan pembelajaran wajib memperhatikan ini.
2.       Bidang Kegiatan;
Melakukan penyesuaian aktivitas operasional sekolah dengan aktivitas new normal. Penyesuaian ini penting. Jika sebelum covid-19 pembelajaran di sekolah adalah sebuah keharusan, maka saat ini sudah tidak mungkin itu dilakukan. Sekurang-kurangnya, selama covid-19 masih dianggap sebagai ancaman maka penyesuaian itu adalah mutlak.
3.       Bidang Teknologi;
Memperkuat system teknologi informasi dan komunikasi sekolah untuk mendukung aktivitas pada fase new normal. Akan ada banyak perubahan yang menjadi tuntutan era new normal terkait bidang teknologi. Di era teknologi yang kian maju, maka kekuatan sekolah akan ditentukan pula oleh kekuatan teknologi di sekolah tersebut.
4.       Bidang Manajemen;
Menyiapkan strategi komunikasi dan implementasi budaya sekolah new normal secara tepat. Para karyawan (guru dan pegawai) yang selama sebelum covid-19 sudah memiliki budaya yang sesuai dengan keadaan itu, kini harus mengubahnya untuk dapat menyesuaikan dengan tuntutan keadan hari ini. Guru dan karyawan lainnya akan nyaman dan mampu menghasilkan produk yang terbaik jika situasi new normal itu mampu diterima dan mampu pula menyesuaikan aktivitas dengan situasi itu.

Ustaz Hasan yang menjadi narasumber pertama dalam vidcon ini memberikan banyak sekali tip untuk dapat mengelola pendidikan di era new normal ini selain empat hal di atas. Ditambah oleh Ustaz Dr. Sobih dengan beberapa penjelasan lainnya, terasa sekali oleh-oleh yang kami terima pada hari libur ini begitu penting. Dan untuk semua kita yang memang akan bersama situasi ini dalam aktivitas keguruan kita, tentulah penyesuaian sikap dan strategi dalam menghadapi tugas mulia kita adalah menjadi sebuah keniscayaan.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: