Secercah Harapan Kepada Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun Tahun 1441 H


Oleh: H. SUFRIADI, S.H.I, M.A.P

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirabbil’alamin.  Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad Wa ‘ala alihi Wa Shohbihi Ajmain.

Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun Yang dirahmati Allah,
Pada tanggal 2 Juni 2020 kemaren, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama sudah  menetapkan bahwa pemberangkatan misi haji tahun 1441 H ditiadakan. Otomatis akan diundur ke tahun depan tahun, 1442 H.

Setiap manusia pasti selalu menginginkan segala cita-citanya terwujud menjadi kenyataan. Sayangnya, roda kehidupan tidak selalu berjalan sesuai harapan, seringkali berlawanan dengan apa yang diinginkan. Tidak semua yang kita harapkan selalu terpenuhi, bahkan kerapkali rencana dan harapan yang telah ditetapkan berujung kegagalan. Itulah salah satu bukti ketidaksempurnaan manusia, karena kesempurnaan memang hanya milik Allah SWT.

Para calon jamaah yang yang seyogyanya berangkat tahun ini, yakinlah Bapak/Ibu semua sudah tercatat sebagai hujjaj dan mendapatkan pahala haji, asalkan Bapak/Ibu ridho akan ketentuan dan takdir Allah ini, Bukankah Bapak/Ibu semua sudah berniat dengan niat yang kuat, dan telah berusaha dengan usaha yang maksimal : sudah daftar, sudah sabar menunggu, sudah bayar, sudah cek kesehatan dan sudah mempelajari manasik dan semua usaha tersebut disaksikan oleh Allah dan yakinlah semuanya sudah tercatat disisi Allah dengan pahala yang besar.

Kita tidak tahu kapan berangkat yang terbaik menurut Allah, kita tidak bisa memaksakan sesuai dengan keinginan kita,  tidak bisa Bapak/Ibu. Mengapa, karena penguasa takdir adalah Allah Swt.
“Innallaha ala kulli syai-in Qadir”

Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun Yang Kami Cintai. 
Mari jalani takdir ini dengan penuh keikhlasan Jangan sampai ada terlintas di dalam hati sanubari kita prasangka buruk kepada siapa pun terlebih kepada takdir Allah Rabbul Jalali Wal Ikram. Karena itu, yakinlah bahwa prasangka buruk tersebut  tidak akan mengubah ketentuan Allah.  Malah akan mendatangkan kemurkaan Allah.

Mari kita mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk menyongsong musim haji tahun yang akan datang dengan memperbanyak ibadah dan mempelajari ilmu manasik haji, sehingga jika sudah pada waktunya Allah menetapkan kita berangkat ke Tanah Suci, ilmu kita sudah lebih baik, manasik haji kita lebih bagus, sehingga ibadah kita lebih berkualitas.

Mari kita sabar dan ikhlas serta mengambil hikmah atas semua ketentuan dan takdir Allah Swt.
Yakinlah di balik semuanya ini, Allah memiliki rahasia yang besar untuk kita semua.  Boleh jadi tahun depan ketika Allah mengundang kita, itulah waktu yang paling tepat, waktu dimana Allah menerima ibadah haji kita sehingga menjadikan kita semua menggapai haji yang mabrur.

Aamiin ya robbal alamin ‘alamin. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
(Dikutip dari Beberapa Sumber)

H. SUFRIADI, S.H.I, M.A.P
Sekretaris IPHI Kab. Karimun

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: