BAZNAS Berikan Bantuan Gerobak Produktif Kepada 25 Orang Masyarakat Tak Mampu

TANAIKARIMUN.COM, KARIMUN- BAZNAS (Badan Amil Zakar Nasional) Kabupaten Karimun terus memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu dari hasil pengumpulan zakat, sadaqah dan infaq masayrakat. Khusus bagi masyarakat kurang mampu yang menekuni usaha tertentu yang disebut juga dengan usaha produktif, BAZNAS Kabupaten Karimun memberikan bantuan berupa alat usaha untuk meningkatkan hasil usaha mereka.

Pada pekan-pekan ini tampak ada masyarakat mendatangi Kantor BAZNAS Kabupaten Karimun di kompleks Masjid Agung Kabupaten Karimun, Poros. Mereka adalah sebagian dari 25 orang yang mengajukan bantuan alat usaha mereka kepada BAZNAS Kabupaten Karimun. Mereka pada umumnya adalah pedagang kecil (asongan) yang menjual bermacam kebutuhan dan panganan. BAZNAS lalu membuatkan gerobak untuk tempat usaha bagi mereka yang mengajukan gerobak. BAZNAS menyebut gerobak itu sebagai Gerobak Produktif.

Ketua BAZNAS Kabupaten Karimun, Drs. H. Nasrial ketika ditanya nama anggaran dan kegiatan tersebut menjelaskan, nama anggarannya  adalah Bantuan Usaha Produktif untuk masyarakat yang kurang mampu yang memang usahanya memerlukan bantuan. "Yang dibantu pada priode  ini ada sebanyak 25 orang," jelasnya kepada penulis. 

“Sebelum diputuskan bahwa mereka akan dibantu, Tim BAZNAS melakukan survey  terlebih dahulu ke tempat mereka. Kita turun ke lapangan untuk memastikan apakah mereka yang mengusulkan permintaan bantuan,  apakah betul-betul ada usahanya dan apakah layak dibantu karena memang kurang mampu?” Demikian Pak Nas menjelaskan ketika memberikan gerobak produktif secara resmi kepada yang berhak, Selasa (21/07/2020) lalu di Kantor BAZNAS Kabupaten Karimun.
Ibu Wati dan Suami saat menerima Gerobak Produktif

Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk setiap orang, masing-masing dibantu dengan setara uang Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah) dalam bentuk gerobak. Para mustahik (penerima) tinggal terima bersih gerobaknya yang sudah jadi. Bentuknya kelihatan sangat bagus. Kata ketua BAZNAS, untuk periode sekarang ini, BAZNAS Kabupaten Karimun menyalurkan bantuan dari zakat, infaq dan sedeqah masyrakat sebesar Rp 75 juta untuk memenuhi permintaan masyarakat ini. 

Informasi lainnya, Ketua BAZNAS menjelaskan bahwa bantuan gerobak produktif ini akan diserahkan secara keseluruhan nantinya di bulan depan ini. “Insyaallah akan diberikan secara simbolis keseluruhan gerobaknya pada bulan Agustus mendatang. Insyaallah akan diserahkan secara simbolis oleh Bpaak Bupati Karimun,” katanya.

Tentu saja harapan kita sebagai masyarakat semoga bantuan ini bermamfaat bagi penerimanya. Jika kelak usaha mereka bisa meningkat  terus dan mampu menabung di luar kebutuhan pokoknya, insyaallah mereka akan menjadi orang yang berzakat (muzakki) pula. Tidak selamanya menjadi mustahik.   Itulah tujuan BAZNAS meluncurkan program bantuan produktif bagi masyrakat miskin ini. 

Terima kasih, BAZNAS dan terima kasih para pembayar zakat, infaq dan sadakah melalui BAZNAS Kabupaten Karimun. Dari sebagian rezeki para muzakki nyata terbantu para mustahik di daerah ini.***
Penulis: M. Rasyid Nur
Diposting juga di www.mrasyidnur.gurusiana.id/article/2020/7/baznas-berikan-bantuan-gerobak-produktif-2929559


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: