Hebohnya HUT Pramuka oleh Foto-foto

LAGU Himne Pramuka Indonesia yang digubah oleh H. Mutahar sudah sangat familiar bagi anggota pramuka Indonesia. Apalagi bagi seorang pembina di Gudep atau di Saka. Setiap ada acara resmi yang berkaitan dengan pramuka lagu ini selalu dinyanyikan. Lagunya singkat, sederhana tapi mengandung makna dan pesan yang mendalam bagi kita anggota pramuka. Bunyi lagunya begini, 

Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satyaku  kudarmakan.
Darmaku  kubaktikan.
Agar jaya Indonesia
Indonesia Tanah Air ku
Kami jadi Pandu Muu

Sungguh menakjubkan lirik lagu itu. Dan lebih menakjubkan lagi karena begitu penting isi dan pesannya. Di situ dinyatakan sebuah sikap bahwa sebagai anggota pramuka dia adalah manusia Pancasila. Tidak ada dasar lain untuk dasar dirinya sebagai masyarakat Indonesia. Satya dan darma hanya untuk Indonesia, agar Indonesia berjaya. Sungguh penting pernyataan itu.

Saya tidak bermaksud membahas lagu sendu tapi memberi semangat membara itu. Saya hanya ingin mengatakan bahwa pada hari ini, Jumat, 14 Agustus 2020 lalu, itu adalah Hari Pramuka Indonesia. Pada tahun ini diperingati untuk yang ke-59 tahun. Dan di banyak tempat (daerah) pasti heboh peringatan HUT Pramuka ini begitu kentara. Berbagai ucapan disampaikan meskipun berbagai acara tidak dapat dilaksanakan (seperti tahun-tahun lalu).

Nah, di tempat saya, di tempat kita, Kabupaten Karimun Negeri Berazam, heboh peringatan pramuka ini memang sangat menonjol. Tapi tentu saja menonjolnya di media. Media sosial. Situasi covid-19 telah membuat segala sesuatunya berpindah ke media. Bahkan peringatan pramuka yang biasanya melaksanakan apel di lapangan, kini berpindah ke ruang-ruang tertutp dengan menggunakan media. Wajah-wajah kita hanya kelihatan di media saja.

Heboh peringatan pramuka di sini lebih banyak dengan tampilnya berbagai baner peringatan. Termasuklah lagu Himne Pramuka itu yang di setiap akun anggota pramuka ada lagu itu. Lagu itu memang menggambarkan penegasan anggota pramuka yang mendedikasikan dirinya hanya untuk bangsa. 

Berikut beberapa foto yang memenuhkan halaman WA Grup dan FB serta IG, baik akun milik organisasi (kwarcab dan Kwarran) maupun akun pribadi. Izinkan saya menampilkan beberapa foto para pengurus pramuka Kwarcab Karimun yang sebelumnya sudah dishare di akun WAG Kwarcab Kabupaten Karimun:












SELAMAT HUT Pramuka ke 59 , Semoga Pramuka tetap Jaya., Indonesia sejahtaera.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: