Catatan dari Lomba Cipta Baca Puisi YDM, "Mereka Pencipta dan Pembaca"


YAYASAN Darul Mukmin (YDM) Karimun, baru-bari ini mengadakan Lomba Cipta Baca Puisi. Pesertanya umum dengan batasan usia. Ada kategori A dengan batasan usia antara 6-12 tahun dan ada kategori B dengan batasan usia 12-18 tahun. Artinya dalam usia sekolah. Namun jika ada yang menjelang 18 tahun sudah tamat sekolah, juga dibolehkan ikut serta dalam lomba ini.
Lombanya sendiri berupa menciptakan (mengarang) satu puisi dan dibacakan. Lalu direkam ke dalam video untuk dikirimkan kepada panitia, YDM Karimun. Panitilah yang akan mempostingnya di YouTobe chanel YDM untuk selanjutnya ditonton masyrakat. Sekaligus juri memberikan penilaian kepada setiap peserta. Tiga kriteria yang dijadikan penilaian adalah ekpresi, intonasi dan penampilan peserta. 

Tiga orang juri dipilih ditetap panitia karena dinilai mengusai cara penilaian lomba ini. Selain M. Rasyid Nur dan Noorfamayani (keduanya dari YDM) juga ditunjuk Ketua Dewan Kesenian Karimun, Mas Aji yang juga pernah menjadi juri puisi berskala Nasional sebagai dewan jurinya. Diharapkan ketiganya menilai secara objektif untuk mendapatkan pemenangnya.

Setelah kurang lebih satu bulan disiarkan dan file videonya juga diberikan kepada juri, akhirnya sebanyak enam orang berhasil menjadi juara terbaik dalam Lomba Cipta Karya Baca Puisi yang digelar YDM ini. Keenam orang itu adalah juara i, 2 dan 3 untuk masing-masing kategori. Keenamnya sudah mendaptkan hadiah diserahkan Senin pagi (9/12020) di Gaha Azam YDM.

Adapun keenam peserta terbaik adalah,  1) untuk kategori usia 6 sampai 12 tahun, juara I diraih Winroland Gempita Alam dari SDN 013 Karimun, juara II diarih Fairuz Fatihah Sari dari SDIT Cendikia, juara III diraih Ghaitsa Salma Khairania dari SDN 001 Karimun, dan juara favorit diraih oleh Raditya PRatama Putra dari SDIT Cendikia.

Sementara untuk pemenang kategori usia 12 sampai 18 tahujn, juara I diraih oleh Amanda Gita Safitri dari SMPN 2 Tebing, juara II diraih oleh Astuti dari Kampus UMRAH asal Kecamatan Moro, juara III diraih oleh Berlin Ramadha Pratama dari SMPN 2 Tebing, dan juara favorit diraih oleh Sharafina Mardhotillah Parciagla dari SMPN 1 Tebing. Demikian diumumkan oleh Ketua Panitia, Egy.

Manager SDM, Pendidikan dan Pengembangan Al-Quran Yayasan Darul Mukmin, Noorfamayani mengatakan, para dewan juri yang terdiri dari pihak Yayasan Darul Mukmin, serta dari Sanggar Kibar Budaya dalam hal ini dihadiri oleh Adjie yang adalah Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Karimun sempat dibuat kebingungan dalam menentukan juara, namun berdasarkan penilaian secara objektif dan sesuai dengan karya puisi dari masing-masing peserta, akhirnya diputuskan para juara atau peserta terbaik yang dinilai layak sebagaimana diumumkan panitia.

Komentar Bu Fama lagi, “Alhamdulillah kami baru saja menyerahkan hadiah untuk para juara, insyaallah Lomba Cipta Karya Baca Puisi sempena HUT Kabupaten Karimun ini, akan kami laksanakan secara rutin tiap tahunnya. Baik itu secara online ataupun secara tatap muka jika kondisi pandemi Covid-19 sudah kembali normal,” sebagaimana dikutip dari website Radioazam.Id (10/10/2020).

Ada pesan tentunya yang ingin disampaikan oleh kegiatan Lomba Cipta Karya Baca Puisi ini. Yaitu, bagaimana memahami dengan baik Kabupaten Karimun yang kita tempati ini. Kabupaten yang baru saja berulang tahun untuk ke-21 tahun, hendaklah menjadi perhatian, kata panitia. Itu sebabnya lomba ini dihelat tepat di Hari Ualng Tahun (HUT) Kabupaten Bumi Berazam tahun ini. Diharapkan juga agar mampu memahami budaya-budaya yang ada di Kabupaten Karimun. Dengan begitu mereka, para peserta khususnya dan kita semua pada umumnya bisa menuangkan didalam bentuk puisi. Menjadi sebuah karya yang indah dan enak didengar masyarakat di Kabupaten Karimun. Untuk saat ini prioritas mengarang puisi hanya untuk peserta.

Bagi YDM, yang saat ini seluruh unit pendidikan dibawah naungan Yayasan Darul Mukmin tengah melaksanakan Pendaftara Peserta Didik Baru (PPDB), maka kegiatan ini sekalian diharapkan menjadi promosi kepada orang tua yang akan menyekolahkan anaknya di YDM. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu nilai atau daya tarik untuk masyarakat.

Kata Bu Fama lagi, "Agar ada gaungnya dan ada sesuatu yang dilakukan pada momen HUT Kabupaten Karimun. Apa lagi masih pandemi Covid-19 ini, kami ingin membangkitkan semangat para anak-anak kita, untuk tetap berkreasi melalui kegiatan yang digelar oleh Yayasan Darul Mukmin bersempena hari jadi bumi berazam."

Mewakili pengurus YDM, dia juga mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang sangat antusias, sehingga terdapat 42 peserta yang mengikuti lomba tersebut dengan mengirimkan video pembacaan pusi karaya mereka sendiri. Namun hanya enam peserta terbaik yang terpilih, termasuk satu peserta favodit untuk setiap kategori. Kelak, semoga tetap ada kegiatan yang dapat menyemangat anak-anak dalam berkreasi di bidang literasi.***



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: