Tentang Webinar TNGP Seri Penutup (Berhimpun di Jarak Jauh)

WEBINAR Media Guru, Ahad (29/11/2020) kemarin adalah webinar terakhir alias ke-5 dari rangkaian webinar TNGP (Temu Nasional Guru Penulis) yang tergabung dalam ‘rumah besar’ Media Guru Indonesia (MGI). Empat webinar TNGP sebelumnya telah dilaksanakan masing-masing pada 21, 22, 25 dan 28 November lalu.

Dilaksanakannya pertemuan guru penulis MediaGuru secara virtual disebabkan oleh covid-19 yang masih menjadi pandemi saat ini di Negara kita. Namun demikian, TNGP dengan cara webinar, ini tidak menurunkan semangat keluarga besar MediaGuru untuk bersama-sama bersemuka sesama guru se Indonesia. Bersemukanya sendiri hanya melalui layar laptop atau HP saja, tentunya.

Kita ingat saat TNGP tahun 2019 yang dilaksanakan di Jakarta dan menghadirkan 500-an orang guru serta penulis non guru di Media Guru kita berkumpul di Ibukota Negara, Jakarta. Kita berkumpul dan berbagi cerita serta pengalaman kita di daerah kita. Saya ingat (kebetulan saya waktu itu ikut bersama) hari pertama berada di Jakarta dalam even TNGP, itu kita berkumpul di Balaikota DKI.

Oleh MediaGuru ada acara pemberian penghargaan kepada Tokoh Penggerak Literasi Nasional yang berada di daerah. Kita juga berphoto bersama di Perpustakaan Nasional. Lalu pada hari ke dua kita naik MRT beramai ramai sambil membaca buku untuk menuju Gedung Kementerian Pendidikan Nasional tempat dihelatnya pertemuan akbar TNGP.

Satu hal yang patut dicatat saat TNGP 2019, itu adalah semangat peserta yang begitu tinggi. Bayangkan, sebanyak kurang-lebih 500 orang penulis hadir dan berhimpun di satu aula super besar, Kemdikbud. Itu bukan hanya dari Pulau Jawa. Sejumlah begitu banyak, itu datang dari berbagai kota dan pelosok Tanah Air. Dari seluruh Indonesia. Hebatnya lagi, datang ke sana dengan biaya sendiri. Menggunakan uang saku masing-masing. Bayangkan, itu. Itu fakta adanya semangat.

Tahun 2020 ini,  akibat covid-19, kegiatan dilaksanakan secara virtual. Tentu saja agendanya disesuaikan dengan keadaan ini. Semua kegiatan yang sifatnya memunculkan kerumunan ditiadakan. Jumlah yang berkumpulpun dibatasi. Protokol kesehatan secara ketat dilaksanakan. Maka pertemuannya berskala kecil, di daerah masing-masing dan bersemukanya di zoom saja secara Nasional.

Ada catatan lain juga. Untuk TNGP tahun ini awal-awal lagi MediaGuru menawarkan baju seragam TNGP sebagaimana tahun sebelumnya. Dan hanya memberikan waktu 3 hari saja bagi yang ingin memesan baju kaos TNGP 2020 untuk mendapatkannya. Dipesan, dibayar (transfer) dan bajunya akan datang ke alamat masing-masing. Lalu dipakai dalam webinar TNGP. Asyik, kan?
Masing masing komunitas penulis juga diberikan kesempatan untuk membuat ucapan selamat TNGP 2020 dengan durasi 1 menit. Setelah dekat waktu pelaksanaan masing masing komunitas diarahkan mengirim hasil rekaman ke link yang telah diberikan. Selanjutnya diminta mengisi list ,bagi yang sudah mengirimkan ucapan tersebut.

Untuk setiap daerah (kelompok) agar ada peserta dari kelompoknya yang bisa ikut TNGP. Lalu dibuat grup WA bagi yang mau ikut. Di sinilah berbagai informasi untuk persiapan webinar. Banyak daerah dan komunitas penulis yang bergabung dengan Media Guru yang ikut membuat kelompok di daerahnya untuk membersamai dan membuat ramai TNGP 2020.

Khusus Provinsi Kepri yang kebetulan ada di empat lokasi berkumpulnya, maka keempat kelompok ini ditampilkan videonya. Ada di Bintan, di Batam, di Karimun (Tanjungbalai) dan ada di Kecamatan Kundur (Kabupaten Karimun). Masing-masing lokasi alhamdulillah mendapat porsi untuk tampil di zoom webinar ini.



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: