Rapat Perdana PD IPHI Karimun Periode 2021-2026


TANAIKARIMUN.COM-KARIMUN, HARI ini, Sabtu (27/02/2021) adalah rapat perdana dari PD (Pengurus Daerah) IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Karimun periode 2021-2026 setelah dikukuhkan pada hari Sabtu (13/02/2026) dua pekan lalu. Pengukuhannya sendiri waktu itu dilakukan oleh Ketua Umum PW (Pengurus Wilayah) IPHI Provinsi Kepri, Dr. H. TS. Arif Fadillah, S Sos, MSi yang disaksikan langsung oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi dan Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim, MSi serta para pejabat teras Kabupaten Karimun dalam satu acara khusus di Gedung Balai Haji.

"Inilah rapat perdana kita sejak dikukuhkan dua minggu lalu," kata Sekretaris PD IPHI Kabupaten Karimun, H. Supriadi, SHI saat membuka rapat yang dimulai pukul 09.30 WIB. Sebelum rapat dipimpin langsung oleh Ketua PD IPHI Kabupaten Karimun, H. Haris Fadillah rapat dibuka oleh Sekretaris PD IPHI dengan menyampaikan agenda rapat pertama ini. Katanya, agenda rapat hari ini adalah, 1) Perkenalan Pengurus PD IPHI masa bakti 2021-2026 yang terdiri dari Dewan Penasehat 4 orang, Dewan Pembina 4 orang dan pengurus harian sebanyak 13 orang.  Selebihnya pengurus bagian sebanyak 48 orang. 2) Penjelasan tugas pokok dan fungsi pengurus; dan 3) Rencana Raker tahun 2021. Setelah dibuka, pimpinan rapat langsung oleh Ketua IPHI, H. Haris Fadillah.

Menurut penjelasan Ketua PD IPHI yang memimpin rapat setelah dibuka sekretaris ada beberapa orang pengurus yang tidak bisa hadir. Dua orang dari pengurus harian dan beberapa orang pengurus bagian kebetulan sedang beralangan. "Belum bisa ikut rapat perdana ini," katanya. Di luar penasehat dan pembina yang memang tidak diundang, pada umumnya pengurus lainnya hadir. 

Ketua IPHI Kabupaten Karimun kembali menjelaskan tentang beberapa kecamatan yang belum memiliki kepengurusan PC (Pengurus Cabang) IPHI di Kecamatan, seperti Kecamatan Ungar dan Buru. Ada juga kecamatan yang pengurusnya sudah dibentuk dan sudah juga dibuat SK-nya tapi belum sempat dikukuhkan seperti Kecamatan Durai, Belat dan Moro, katanya.

Peserta Rapat PD IPHI Karimun


Hal lain yang disampaikan ketua IPHI adalah masalah kegiatan IPHI yang sudah berjalan selama ini. Katanya, "Sebelum covid-19 kegiatan IPHI Kabupaten yang rutin adalah pertemuan bulanan di setiap pekan kedua setiap bulannya. Pelaksananya secara bergantian antara kecamatan yang ada di Pulau Karimun, Keccamatan Karimun, Meral dan Tebing." Tapi Pak Haris mengatakan lebih lanjut bahwa sejak muncul virus corona kegiatan ini dihentikan sementara. Itu juga sesuai dengan arahan pemerintah yang tidak membolehkan kerumunan orang dalam jumlah banyak. Nah, apakah saat ini akan kita mulai dan laksanakan pertemuan itu, nanti akan kita putuskan dalam Raker (Rapat Kerja) yang insyaallah akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini. Demikian dia menjelaskan.

Untuk agenda rencana Raker, Pak Haris mengatakan bahwa semua pengurus yang ada ini akan dilibatkan dalam Raker nanti. "Ada yang akan menjadi Panitia Raker dan ada pula yang akan menjadi peserta," katanya. Rencana itu sedang disusun oleh pengurus, katanya lebih lanjut. "Direncanakan pada bulan Maret nanti sudah bisa dilaksanakan Rakernya dengan catatan bantuan dana dari Pemerintah sudah jelas dapatnya."

Acara selanjutnya, perkenalan lebih rinci tentang pengurus dan menyampaikan draf program serta tugas pokok dan fungsi pengurus. Fotokopi draf itu diberikan kepada setiap Ketua Bagian sesuai bidangnya untuk dibahas dalam anggota Pengurus Bagiannya. Namun pada rapat ini juga diberi kesempatan kepada setiap Ketua Bagian untuk bertanya atau menyampaikan usul-saran. Setiap ketua bagian mendapat kesempatan untuk berbicara, menanggapi draf yang sudah disusun.

Pada sesi diskusi, beberapa orang pengurus menyampaikan pertanyaan dan saran-saran. Ada saran perihal perlunya sosialisasi AD/ ART yang terbaru kepada pengurus dan ada pula usul tentang penggalangan sembako seperti beras dari para jamaah haji untuk nanti disalurkan kepada para fakir miskin yang ada di sekitar tempat tinggal para haji-hajjah kabupaten ini. Usul ini datang dari Pak Thamrin, salah seorang anggota pengurus. "Dengan satu genggam beras setiap hari oleh setiap para haji-hajjah, ada banyak beras yang dapat dikumpulkan," katanya sambil mengutip ayat tentang orang-orang yang mendustakan agama karena melalaikan memberi bantuan orang miskin. Beberapa orang pengurus lainnya juga menyampaikan pertanyaan.

Setelah batas waktu rapat sampai, menjelasng pukul 12.00 rapat ditutup oleh Sekretaris IPHI yang bertindak sebagai pembawa acara pada rapat perdana ini. Sekretaris menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta rapat dan acara rapat pun diakhiri dengan mengucapkan hamdalah,  alhamdulillahi robbil alamiin.*** (mr)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: