Tentang Hidup, Seperti Apa Sikap Kita yang Patut



ADA banyak peribahasa atau kata-kata mutiara tentang hidup. Maksudnya menggunakan kata hidup di dalamnya. Tidak kurang pula kata-kata hidup disebuat di dalam hadits atau firman. Sebagai muslim, pasti banyak tahu firman Tuhan (dalam alquran) dan atau sabda (hadits) Nabi yang berbicara perihal kehidupan atau hidup.

Tapi saya mengutip kalimat (mutiara) indah dan bermakna indah serta dalam pesannya yang dalam dari beberapa tokoh yang terkenal. Di ujung pekan ini biasa juga kita saling berbagi tulisan-tulisan ringan atau tulisan-tulisan dengan khas tertentu. Mungkin pantun, puisi atau tulisan-tulisan berbahasa daerah kita. Saya share saja tulisan yang pernah diucapkan oleh beberapa tokoh yang baru saja dimuat oleh saitus bla.com di awal bulan ini, pesisnya pada hari Senin (04/01/2021) lalu.
 
Ada 55 (lima puluh lima) kalimat mutiara diposting di halaman website itu. Tulisan dengan judul, “55 Kata-Kata Mutiara Bijak Singkat tentang Kehidupan, Menginspirasi dan Menambah Semangat,” saya mengutip tiga kata-kata mutiara saja. kalimat-kalimat itu adalah,

Pertama, “Tiga hal penting dalam hidup: kesehatanmu, misimu, dan orang yang kamu cintai.” Kalimat ini dikatakan berasal dari Naval Ravikant. Kedua, “Rahasia hidup adalah menikmati berlalunya waktu.” Kalimat ini konon disebut berasal dari James Taylor. Dan kalimat ketiga, adalah, "Kesuksesan dan kegagalan adalah sama-sama bagian dalam hidup. Keduanya hanya sementara," yang diucapkan oleh Shah Rukh Khan.

Satu hal penting membaca kalimat-kalimat indah itu adalah betapa pentingnya hidup dan memahami hal-hal penting dalam kehidupan. Ketika Naval Ravikant menyebut kesehatan, misi dan orang yang dicintai sebagai hal terpenting dalam hidup ini, tentu saja kita tidak akan membantahnya. Ketiga hal yang disebut Naval adalah sesuatu yang uatama dalam hidup dan kehidupan kita. Untuk hidup yang bermanfaat memang mutlak pentingnya kesehatan. Kaerna sehata akan menyempurnakan tujuan (misi) hidup. Dan itu akan tercapai bersama semua orang yang kits cintai.

Lalu pernyataan James Taylor yang menyebut rahasia hidup adalah menikmati berlalunya waktu adalah pernyataan tegas bahwa hidup itu sendiri adalah menajalani perjalanan waktu itu sendiri. Ketika orang dapat menikmati waktu-waktu yang akan terus berlalu itu, maka sesungguhnya orang itu telah menjalankan kehidupannya dengan baik. Makna menikmati tentu saja dalam arti orang berbuat sesuatu itu dalam posisi nyaman dan tenang.

Tentang pernyataan Shah Rukh Khan yang menyebut bahwa kesuksesan dan kegagalan adalah dua hal dalam hidup yang bersifat sementara memberikan pesan kepada kita bahwa usaha sekuat apapun yang dilakukan untuk mewujudkan kesuksesan tetap akan membuka kemungkinan keapda kegagalan. Dan jikapun kesuksesan dapat diwujudkan maka itupun adalah susuatu yang sifatnya sementara. Tidak perlu membuat seseorang lupa diri. Begitulah hidup dan kehidupan.

Kita yang berkumpul di sini adalah orang-orang yang akan selalu menggunakan hidup untuk kebaikan. Akan memanfaatkan hidup dan kehidupan selain untuk diri sendiri juga untuk orang-orang yang dapat diberi manfaat oleh kehidupan kiya. Begitu, kan?***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: