Beberapa Hikmah Solat Tahajud


ARTIKEL tentang agama, khususnya tentang sholat, lebih khusus tentang sholat tahajud, ini sangatlah bagus untuk dibaca-baca. Sebutlah sebagai tamabahan pengetahuan. 
Seperti ditulis di website hajinews.id dijelaskan perihal hikmah sholat tahajud. Kita tahu sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur dan dianjurkan ketika sepertiga malam terakhir. Itu tuntunan dalam agama kita.

Apakah kita adalah ahli sholat tahajud atau baru sekali-sekali melakukannya, atau bahkan belum pernah melakukannya, tulisan ini tetaplah berguna jika dibaca. Bagi yang belum pernah sama sekali, insyaallah suatu saat nanti juga akan melakukannya. Apalagi jika sudah memulai meskipun belum rutin.

Bagi orang yang telah atau terbiasa melaksanakan sholat tahajud akan mendapatkan hikmah-hikmah tertentu berbanding orang yang tidak melakukannya.

Sebagaimana dikutip oleh hajinews.id dari portaljember inilah beberapa hikmah yang didapatkan bagi orang yang melaksanakan sholat tahajud,

1. Memiliki Sifat Rendah Hati;

Firman Allah SWT, “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu adalah orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan sujuddan berdiri untuk Tuhan mereka.”

2. Akan Diangkat Derajatnya;

Allah Swt berfirman: “Dan pada sebagian malam, dirikanlah salat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Al-Isra:79). Nyata di ayat itu poenegasan Allah bahwa bagi orang-orang yang melaksanakan solat tahajud, maka Allah akan mengangkat derajatnya ke tempat terpuji.

3. Melepaskan Simpul Godaan Syaitan;

Sabda Nabi Saw, “Pada waktu seseorang tidur, syaitan membuat tiga buah simpul dikepalanya. Untuk setiap ia mengatakan: tidurlah engkau sepanjang malam, bila ia terbangun, lalu maka lepaskanlah satu simpul. Jika ia berwudhu, maka lepaslah satu simpul lagi; dan jika ia shalat, maka terbukalah seluruh simpul. Pada waktu bangun pagi, ia akan merasa penuh semangat dengan badan yang segar. Jika tidak, ia akan bangun pagi dengan perasaan serba tak enak” (HR. Imam Bukhari, dari shahabat Abu Hurairah r.a)

Rasulullah Saw juga bersabda, “Tuhan kami turun ke langit dunia, ketika sepertiga malam yang terakhir kemudia berfirman: Siapakah yang berdoa kepada-Ku pasti Aku kabulkan, siapa yang meminta pasti aku beri, siapa yang memohon ampun, pasti Aku ampuni, sampai terbit fajar.”

4. Doanya Mudah Terkabul;

Nabi Muhammad Saw bersabda, “Rabb kita tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, dan lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yaang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR.Bukhari).

5. Menjadi Jembatan untuk Masuk Surga;

Sholat sunnah yang dilakukan dengan tekun dan penuh keikhlasan dapat menjadi sebuah jembatan untuk masuk surga. Hal itu dapat dipahami dari hadits berikut, “Hai sekalian manusia! Sebarkan salam, dan bagaikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Adakah kita akan mendapatkannya? Insyaallah. Jika belum saat ini, marilah diniatkan dan diusahakan untuk melakukannya. 

Dari https://hajinews.id/2021/03/30/hikmah...)

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: