Silaturrahim dan Dialog Wakil Gubernur Kepri di Karimun

REPORTASE hari ini adalah tentang kedatangan Ibu Marlin. Nama lengkapnya, Hj. Marlin Agustina Rudi, yang selama ini dikenal sebagai isteri Pak Muhammad Rudi, Wali Kota Batam itu. Kini, Bu Marlin terpilih sebagai Wakil Gubernur Kepri yang berpasangan dengan Ansar Ahmad, sebagai gubernurnya setelah dilantik presiden beberapa waktu lalu.  Sudah resmi menjadi Wakil Gubernur Kepri masa tugas 2021-2024. Sabtu (20/03/2021) ini Bu Marlin datang ke Karimun, kampung halamannya. Tapi bukan untuk mengunjungi keluarga. Dia datang dalam tugas dinas, kunjungan kerja di Kabupaten Karimun.

Bertempat di Aula Darunnadhwah Masjid Agung Kabupaten Karimun Bu Marlin melaksanakan acara Silaturrahim dan Dialog bersama Pemda Kabupaten Karimun dan para pemimpin Ormas Islam se-kabupaten Karimun. Wakil Gubernur Kepri, Ibu Marlin Agustina didampingi Kepala Biro Kesra, Setda Kepri, Ayub. Pejabat tinggi Kepri, itu datang bersama rombongan sejak paginya. Beberapa agenda kegiatannya menanti orang kedua Kepri itu.

Untuk acara di Aula Darunndhwah, Masjid Agung Kabupaten Karimun, rangkaian acaranya diawali dengan doa yang dipandu Kepala Rumah Tangga dan Kemakmuran Masjid Agung Kabupaten Karimun, Pak H.  Zulfan Batubara. Dengan MC Wahyu Amirullah, acara dialog untuk menyerap aspirasi masyarakat dilanjutkan dengan pidato sambutan dari Pemda Kabupatenyang disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Karimun, Pak H. Anwar Hasyim. Kebetulan Bupati Karimun, Pak Aunur Rafiq tidak dapat hadir karena tugas lain.

Pak Wabup, Anwar Hasyim menyampaikan beberapa pesannya, antara lain mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ibu Wagub mengunjungi Kabupaten Karimun dalam kesempatan ini. Meskipun selalu datang ke Karimun sebagai warga kabupaten ini, namun dalam status sebagai Wakil Gubernur Bu Wagub hadir untuk menyerap aspirasi masyarakat, khususnya melalui pimnpinan Ormas yang diundang pada kesempatan ini. “Semoga dalam dialog nanti akan muncul ide dan usulan kepada Bu Wagub dalam rangka pembangunan Kabupaten Berazam.

Pak Wabup jiuga melaporkan situasi pengelolaan covid-19 di Kabupaten Karimun. “Saat ini sudah tidak ada lagi yang dirawat di rumah sakit sebagai pasien covid-19,” jelasnya kepada Bu Wagub. Kita tahu bahwa keberadaan covid-19 ini sangat mempengaruhi hal lain seperti ekonomi, sosial, pendidikan dan lainnya.

“Untuk itu tetaplah disiplin, memakai protokoler kesehatan agar kondisi yang mulai membaik ini tidak lagi berubah nantinya. Kita sudah berada di zona hijau saat ini.” Demikian Pak Wabup melaporkan panjang lebar perihal keadaan covid-19 di Kabupaten Karimun.

Selain itu, Pak Anwar yang berpasangan dengan Pak Aunur Rafiq pada Pilkada lalu, juga menyampaikan keputusan MK tentang Pilkada Kabupaten Karinun yang digugat oleh pasangan Iskandarsyah dan Anwar Abubakar di MK. Dia mengatakan bahwa MK telah memutuskan sengketa itu. Pasangan Pak Rafiq- Anwar tetap dimenangkan sebagaimana keputusan KPU Kabupaten Karimun sebelumnya. Oleh karena itu Pak Anwar mengajak semua pihak untuk tetap bersatu dan bersama membangun Kabupaten Karinun. “Mari bersatu, bergandeng tangan. Lupakan perbedaan pilihan pada Pilkada dan fokus kita membangun daerah,” pintanya.  Kepada Bu Marlin dia minta perhatian secara khusus dalam hal pembangunan daerah ini.

Setelah sambiutan Pemda Kabupaten, acara berikutnya adalah sambutan Wakil Gubernur, Bu Marlin Agustina. Banyak pesannya kepada hadirin yang berjumlah 100-an di aula yang megah itu. Mengawali dengan seuntai pantun tentang covid, Bu Marlin menyampaikan pidato sambutan dengan beberapa pesannya. Menurut Bu Marlin, dia hadir dalam rangka silaturrahim sekaligus menyerap aspirasi masyarakat untuk menyusun program pembangunan. “Saya perlu mendengar langsung dari masyarakat apa-apa yang mesti diperioritaskan dalam pembangunan ke depan. Karena itulah saya datang langsung untuk menyerap aspirasi itu.”

Bu Marlin juga menyebut bahwa kunjungan ini adalah juga dalam rangka silaturrahim. Silaturrahim itu ajaran agama, jadi ini melaksanakanajaran  agama. Begitu dia menjelaskan tentang kehadiran rombongannya pada kunjungan kerja ini. Dan Bu Marlin juga menyinggung masalah covid-19 yang di Keperi belumlah habis.

“Meskipun covid-19 sudah berkurang dan mungkin sebagian kita sudah divaksin, namun tetaplah disiplin dalam menjalankan protokoler kesehatan. Jangan sampai lengah karena bisa saja covid muncul lagi.” Begitu pesannya kepada masyarakat Karimun khususnya dan masyarakat Kepri pada umumnya. Mari terus kita lawan covid untuk membuat daerah kita kembali bangkit. Bu Marlin kembali menyampaikan sebait pantun sebelum mengakhiri pidatonya.

Setelah sambutan Bu Wagub, acara diteruskan dengan sesi dialog. Beberapa orang menyampaikan pertanyaan dan usulan kepada Bu Wagub. Tidak kurang enam orang yang mendapat kesempatan untuk bertanya. Dan karena waktu yang tidak memungkinkan, pertanyaan dan usul-saran disampaikan melalui tulisan. Para penanya yang tidak sempat menyampaikan langsung, diminta menyerahkan pertanyaannya dalam bentu tulisan kepada staf Wagub.

Acara silaturrahim dan dialog ini ditutup dengan berfoto bersama. Dan karena sudah masuk waktu zuhur para peserta dipersilakan solat dulu ke lantai utama (ruang solat masjid Agung) dan kembali ke aula Darunnadhwah untuk makan siang bersama. Setelah itu boleh kembali ke rumah masing-masing sementara Bu Wagub akan meneruskan kegiatan lainnya.*** (mrasyidnur)

Juga di www.mrasyidnur.gurusiana.id



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: