Baperlitbang Adakan Konsultasi Publik RPJMD Kabupaten


BERTEMPAT di ruang rapat Baperlitbang (Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan, dulu disebut Bappeda) Kabupaten Karimun, Kamis (24/06/2021) pagi telah dilangsungkan konsultasi publik terhadap RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Karimun 2021-2026. Konsultasi publik dilaksanakan oleh Baperlitbang selaku lembaga yang bertanggung jawab menyusun RPJMD Kabupaten dengan mengundang perwakilan masyarakat.

Kepala Baperlitbang, Dr. Junaidi selaku penanggung jawab mengatakan bahwa konsultasi publik merupakan mekanisme penyusunan RPJMD yang diharuskan oleh ketentuan dan peraturan. Kegiatan hari ini merupakan kegiatan awal dari beberapa tahap kegiatan untuk sampai ke tahap terakhir menjadi Perda (Peraturan Daerah) sebagai landasan bekerja oleh Pemda Kabupaten. Begitu dia menjelaskan di awal pengantarnya dalam acara dilaksanakan tepat pukul 09.00 itu.

Materi yang dibahas pada konsultasi publik ini adalah rencana pembangunan yang bahannya disusun oleh timses Bupati/ Wakil Bupati terpilih pada Pilkada lalu. Sebagaimana sudah kita ketahui bahwa pasangan Aunur Rafiq- Anwar Hasyim memenangkan pemilihan bupati mengalahkan pasangan Iskandar- Anwar Abubakar waktu itu. Sebagai pasangan bupati/ wakil bupati baru maka harus menyusun rencana pembangunan lima tahun ke depan. "Bahan itulah yang saat ini akan kita bicarakan. Jika ada usulan atau masukan, akan kita masukkan," jelas Junaidi saat memberikan pemaparan.

Bapperlitbang mengundang masyarakat dengan perwakilan beberapa lembaga atau organisasi. Hadir antara lain dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), BAZNAS, PKK, ICMI, IPHI, PGRI, KNPI, BKMT, Yayasan Kaseh Puan, dan banyak organisasi masyarakat lainnya. Tidak kurang 50-an organisasi dan perorangan yang diDAri perwakilan masyarakat ini diharapkan ada masukan dan usul-saran untuk nantinya dibahas dalam Musrenbang sebagai kelanjutannya.

Informasi dari Kepala Bapperlitbang, konsultasi publik ini akan berlangsung dua hari yang disesuaikan dengan materi RPJMD yang sudah tersusun drafnya. Diawali dari vis-misi Bupati/ Wakil Bupati, diteruskan dengan rencana program unggulan serta isu-isu strategis yang menjadi perhatian oleh Pemda Kabupaten untuk lima tahun ke depan. Dengan mekanisme seperti ini diharapkan program yang nanti akan disusun menderminkan aspirasi masyarakat. Demikian dikatakan oleh Pak Jun, sapaan Kepala Bapperlitbang Kabupaten Karimun.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: