Waspada Hipertensi, Makanlah Makanan Ini


HIPERTENSI kita kenal pula dengan sebutan tekanan darah tinggi. Kata dokter, hipertensi adalah suatu keadaan tekadan darah pada pembuluh darah yang tidak normal. Keadaan itu dapat menyebabkan penderitanya terkena penyakit jantung. Maka para dokter dan ahli kesehatan selalu mengingatkan kepada kita agar waspada dengan hipertensi.
 
Dalam tulisan berjudul 6 Makanan yang Dipercaya Mampu Mengatasi Hipertensi, Selain Wortel No. 5 Paling Murah yang dimuat berita online hijenews.id pada hari Senin (28/06/2021) ini dijelaskan ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi sebagai usaha mewaspadai hipertensi. Menjaga tekanan darah agar senantiasa stabil adalah satu hal. Sementara mengonsumsi makanan, apapun makanan itu adalah hal lain yang secara langsung atau tidak langsung akan berpengaruh keapda tekanan darah seseorang.
Meneruskan tulisan itu di halaman ini menjadi penting bagi kita sebagai pengetahuan bagaimana menjaga tekanan darah agar terus stabil. Maka menjadi penting sekali bagi kita untuk menjaga tekanan darah yang ada dalam tubuh kita agar itu tidak menyebabkan hipertensi bagi kita.

Tentang perlunya menggunakan obat-obatan tertentu untuk membantu mengatasi permasalahan hipertensi, itu benar adanya. Tapi jika dengan cara alami kita nilai cukup ampuh menyembuhkan hipertensi yakni dengan senantiasa memakan makanan tertentu yang dikatakan dapat mengatasi hipertensi, misalnya, maka itu tentu lebih baik dari pada mengonsumsi obat-obatan.

Mengutip hajinews.id dengan sumber healtline.com dan beberapa sumber lainnya, dari sekian banyak makanan yang sering kita konsumsi ada beberapa makanan yang dipercaya mampu membantu kondisi hipertensi. Adapun makanan tersebut adalah,

1. Jeruk;

Jeruk dikatakan memiliki kandungan seperti vitamin, mineral, dan senyawa yang membuat buah jeruk dapat digunakan untuk penurunan tekanan darah. Tidak hanya itu, buah jeruk juga dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan organ jantung. Hal tersebut juga sudah terbukti dari beberapa penelitian yang telah dilakukan.

2. Ikan Salmon dan Ikan Berlemak lainnya;

Hasil penelitian, ikan salmon maupun ikan berlemak lainnya memiliki kandungan omega-3. Kandungan tersebut dipercaya mampu membantu kesehatan jantung. Selain itu kandungan lemak pada ikan akan mempermudah menurunkan tekanan darah hingga permasalahan peradangan.

3. Lobak Swiss;

Lobak swiss (chard, vulgaris: dari wikipedia.org) merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak mengandung nutrisi. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengatur tekanan darah di dalam tubuh manusia. Selain itu lobak swiss juga memiliki kandungan lain seperti kalium dan magnesium.

4. Buah Berry;

Buah berry merupakan salah satu buah yang memiliki potensi tinggi dalam menjaga kesehatan tubuh seperti pengurangan resiko terkena penyakit jantung. Selain itu buah berry juga dipercaya mampu membantu penurunan kondisi tekanan darah tinggi. Sedangkan kandungan yang ada di dalam buah berry adalah seperti antioksidan hingga anthocyanin.

5. Bayam;

Bayam merupakan salah satu sayuran yang mampu mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.  Ada sebuah studi yang menyatakan jika diet dengan menggunakan makanan bayam akan lebih mudah mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi.

6. Wortel;

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan untuk campuran bahan baku makanan. 
Wortel juga memiliki beberapa kandungan penting di dalamnya seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengendurkan pembuluh darah termasuk mengurangi peradangan.

Untuk membuktikan keenam makanan/ sayuran itu benar-benar berkhasiat bagi kita, tentu saja harus kita sendiri yang membuktikannya. Jika kita bukanlah orang yang pernah atau mencoba membuktikannya, silakan bertanya ke teman-teman kita yang boleh jadi sudah membuktikannya. Selamat mencoba untuk mengonsumsinya. ***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: