Berkipas Jangan Bablas

KALAU ada kebiasaan kita tidur berkipas, jangan saja sampai bablas. Berkipas maksudnya berkipas angin. Ternyata lebih baik menghindari tidur menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama. Intinya tidak baik.

Bahwa tidur menggunakan kipas angin itu terasa enak dan bisa bikin nyenyak, ternyata oh ternyata kebiasaan ini dapat menjadi sebab kita menderita penyakit. Jadi, ya harus dihindari agar penyakit tidak menyerang kesehatan tubuh.

Sekali lagi, saran menghindari kipas angin saat tidur adalah jika tidur itu dalam waktu yang relative lama seumpama tidur malam. Bisa dihitung berapa jam seseorang tidur sejak malam hingga terbangun di pagi hari. Boleh ini tidak kita sadari tersebab lebih nyamannya kita tidur berkipas dari pada gerah kepanasan.

Mengutip beberapa media yang memuat tentang masalah ini, mari kembali kita simak apa saja bahaya yang mungkin akan timbul jika kita menggunakan kipas angin yang relative lama dalam tidur kita.

1. Kekurangan Air;

Ketika kita berada di ruangan yang dingin dengan waktu yang cukup lama, maka tubuh kita akan kekurangan air, sebab udara dingin yang dihasilkan dapat menyerap air.

Sudah sama kita pahami bahwa tubuh kita sangat membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Jika kekurangan air otomastis membuat organ tubuh tidak sehat dan lemah, sehingga kita mudah terkena penyakit.

2. Asupan Oksigen Berkurang;

Ketika kipas angin dihadapkan langsung pada wajah, maka asupan oksigen akan berkurang. Bahkan hal ini akan semakin buruk ketika kipas angin tersebut mengenai hidung dan mulut di dalam ruangan yang tidak mempunyai ventilasi. Angin dari kipas angin tentu saja berbahaya di ruangan seperti itu.

Hal ini dikarenakan, udara akan berputar-putar di dalam ruangan terus menerus sehingga udara atau oksigen dalam ruangan tersebut tidak dapat diperbaharui. Artinya oksigen yang dibutuhkan sebenarnya sudah tidak ada dalam ruangan seperti itu.

3. Penyakit Bell Palsy;

Penyakit Bell Palsy merupakan penyakit kelumpuhan yang menyerang bagian wajah. Penyakit ini bisa terjadi karena syaraf wajah yang menegang yang disebabkan karena wajah terkena suhu dingin terus menerus seperti kipas angin dalam waktu lama. Itulah sebabnya diingatkan untuk tidak bablas alias berlebihan.

4. Berbagai Penyakit Hidung;

Terkena angin dari kipas angin ke hidung, akan membuat selaput lendir dalam rongga hidung kering, Apabila hal ini semakin kering maka selaput tersebut akan memproduksi lendir yang semakin banyak. Hal tersebut dapat menyumbat saluran pernapasan yang pada akhirnya akan menyebabkan iritasi sinus.

Tidak hanya itu, jika ruangan anda tidak bersih, kipas angin justru berbahaya untuk digunakan. Kipas angin dapat menyebarkan bakteri, kuman, bahkan virus ke ruangan itu.

5. Asma;

Jika kita memiliki penyakit asma, penggunaan kipas angin saat tidur sangatlah tidak disarankan. Hal ini karena kipas angin menyala dapat menyedot debu di ruangan. Jika kipas angin yang sering gunakan kotor, kemudian kipas angin akan menghembuskan angin ke arah kita yang akan mengakibatkan tenggorokan kita menjadi sakit (batuk).

Oleh karena itu peringatan menggunakan kipas angin berlebihan bukanlah larangan sama-sekali. Larangannya terletak pada duarsi yang berlebihan dan kipas angin yang tidak bersih. Ditambah ruangan yang tidak berpeventilasi yang baik, maka sempurnalah kesalahan yang kita lakukan dalam menggunakan kipas angin.

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: