Menikmati Suara Qori di Jumat Pagi


STQH (Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits) ke-9 Provinsi Kepri Tahun 2021 sudah memasuki hari terakhir. Hari ke-4, Jumat (30/07/2021) ini akan saling adu kehebatan peserta di Cabang Tahfiz 10 Juz dan 5 Juz Tilawah. 

Sesuai jadwal, besok Sabtu (31/07/2021) helatan dua tahunan, ini akan berakhir dan akan ditutup secara resmi. Hasil-hasil lomba selama empat hari ini akan diumumkan. Para pemenang setiap cabang dan golongan akan ketahuan. Dan Juara Umum juga akan ditetapkan setelah para pemenang per cabang/ golongan ditetapkan oleh Dewan Hakim.
 
Saya mengikuti tampilan demi tampilan di hari mulia ini. Saat penampilan peserta ke-3, seorang qoriah sekaligus hafizah utusan Kabupaten Karimun tampil terasa suara indahnya mendayu di telinga. Saat dia membawakan bacaan tilawah sebelum bacaan tahfiz para pendengar yang hadir di ruang virtual kelihatan begitu menikmati alunan indahnya suaranya. Begitu pula ketika peserta dari kabupaten/ kota lainnya tampil. Masing-masing dengan kehebatannya. Rasanya kita diayun-ayun oleh alunan suara nan merdu dalam irama tilawah nan indah. 

Sebagai orang umum tentu sulit memilih siapa yang terhebat sesungguhnya. Tapi dengan 12 (dua belas) orang juri (hakim) penilai bacaan mereka, tentu saja akan terpilih peserta yang paling baik, tentunya. Tinggal Dewan Hakim yang akan menentukan yang terhebat di antara yang hebat itu. Kita hanya menunggu saja hasilnya hingga diumumkan besok.

Hebatnya para peserta tahfizh, dapat dilihat dan didengar saat membacakan ayat-ayat sebagai jawaban soal tahfiz dari Hakim Penanya. Mereka menyambungnya dengan baik dan tentu saja tepat. Itu membuat penyimak bertambah kagum. Mereka dengan lancar dan fasih menyambung ayat-ayat yang dibacakan Hakim Penanya.
 
Menyimak bacaan ayat-ayat alquran di ajang lomba seperti STQH Tingkat Provinsi ini tentu saja sangat berbeda dengan ajang yang sama di tingkat kabupaten, apalagi kecamatan. Di sini tampil para qori-qoriah, hafiz-hafizah level provinsi dari seluruh kabupaten yang ada di provinsi Kepri. Bahkan beberapa orang peserta adalah orang-orang yang sudah pernah berlomba di tingkat nasional.

Tentu saja bacaan mereka sangat mumpuni. Selain suara dengan lagu dan irama yang menyentuh hati, mereka sangat piawai menjawab soal tahfiz itu. Saya dan para pengunjung di sini samgat beruntung dapat menikmati suara qori dan qoriah yang turun di ajang ini. Semoga menjadi berkah bagi kita.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: