STQH Kepri Berjalan Lancar


HARI ketiga, setelah dibuka resmi oleh Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, SE MM hari Selasa (27/07/2021) lalu secara virtual hingga hari Kamis (29/07/2021) siang ini sudah beberapa cabang atau golongan lomba terselesaikan. Sebutlah cabang Tilawah Golongan Anak-anak (putra dan putri). Begitu juga beberapa golongan dari beberapa cabang tertentu seperti Cabang Tahfiz, Hadits. Cabang yang belum dilombakan adalah Tafsir Bahasa Arab.

STQH (Seleksi Tilwatir Quran dan Hadits) Tahun 2021 Tingkat Provinsi Kepri terpaksa dilaksanakan secara virtual tesebab covid dan akan berlangsung selama lima hari, hingga 31 Juli nanti. Sebanyak empat cabang lomba dengan 10 golongan (putra-putri) diperlombakan pada ajang dua tahunan ini. "Kalau setiap kabupaten lengkap mengirimkan pesertanya, berarti ada 20 orang peserta setiap kabupaten yang akan tampil dalam STQH ini," kata salah seorang panitia STQH Kabupaten Karimun. Karimun sendiri hanya bisa mengirimkan 19 orang peserta karena peserta Tafsir Bahasa Arab Putra tidak bisa hadir karena PPKM di Medan.

Disebabkan oleh tingginya penyebaran covid-19 di Provinsi Kepri maka Pemerintah Provinsi memutuskan untuk melaksanakan STQH tahun 2021 ini secara daring. Setiap kafilah dari kabupaten atau kota di Provinsi Kepri tidak harus hadir ke Ibu Kota Tanjungpinang sebagai lokasi dihelatnya STQH. Para peserta tetap berada di daerah masing-masing dan tampil dari daerahnya saja. Hanya para juri (Dewan Hakim) saja yang berkumpul di Ibu Kota Provinsi. Tepatnya di Hotel Aston, tempat dipusatkannya pelaksanaan STQH Tingkat Provinsi tahun ini.

Menyaksikan peserta lomba tampil cukup lewat You Tobe atau livestreaming saja. Jika ingin melihat langsung hanya bisa di kabupaten atau kota sendiri saja. Seperti Kafilah Kabupaten Karimun kegiatannya dipusatkan di Masjid Agung Karimun. "Silakan hadir ke masjid pada jam-jam lomba," terang salah seorang panitia. Selain menyaksikan peserta kabupaten/ kota lain via layar kaca juga bisa menyamsikan peserta Kabupaten Karimun sendiri di mimbar tilawah.

Besok hari keempat, jadwal lomba masih ada. Hari ini diselesaikan cabang tahfizh dan hadits 500 tanpa sanad. Dari pagi hingga malam sudah tersusun jadwal lomba oleh panitia provinsi. Jika tidak aral maka hari Jumat (30/07/2021) nanti akan tuntas semua cabang. Direncanakan pada hari Sabtunya akan ditutup kembali secara resmi. Hasil-hasil lomba dan pemenangnya juga akan diumumkan pada hari itu nanti. Sekaligus tentunya kabupaten/ kota mana yang akan meraih Juara Umum untuk memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Kepri tahun ini. Kita doakan, semoga lancar.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: