Tip Buat Lansia Agar Terhindar dari Covid


KITA sepakat kalau orang lanjut usia (lansia) lebih mungkin untuk sakit lebih parah ketika terinfeksi covid-19 berbanding orang-orang berusia muda. Penjelasan begini sudah berulang-ulang disampaikan dokter dan banyak dapat kita temukan keterangannya di media. Selain lansia, orang yang kebetulan berpenyakit tertentu (bawaan) juga akan lebih parah dan cenderung lebih mengkhawatirkan. 

Sejak berusia 50 tahun disarankan untuk mulai waspada. Dan jika usia sudah 60 atau 70 tahun kewaspadaan wajib lebih diperketat. Seperti ditulis di website hajinews.id bahwa orang yang berusia 85 tahun ke atas adalah yang paling mungkin untuk sakit parah ketika terpapar covid-91. Dan jika lansia berumur seperti ini, misalnya juga memiliki faktor penyakit lain maka kemungkinan akan dapat membuatnya sakit parah dengan covid-19, itu sudah banyak ditegaskan. Banyak pula yang sudah terbukti yang akhirnya harus menghembuskan nafas terakhirnya.


Maka penting bagi para lansia untuk mencegah penularan covid-19 ini terjadi dalam usia begitu. Para dokter dan ahli kesehatan lainnya tidak berhenti mengingatkan pentingnya kewaspadaan ini. Sebagaimana diketahui, Kementerian Kesehatan RI sendiri telah mensosialisasikan beberapa tips atau cara supaya lansia tidak terpapar covid-19. Ada beberapa langkah yang disarankan dan perlu untuk dilaksanakan untuk tidak terpapar covid-19.

Seperti diposting pada situs hajinews.id, berikut beberapa tips yang dapat dilaksanakan,

1. Untuk sementara tidak melakukan perjalanan keluar rumah, tetaplah berada di rumah/ panti wreda dengan melakukan kegiatan rutin.
2. Jauhi keramaian, perkumpulan, kegiatan sosial seperti arisan, reuni, rekreasi, pergi berbelanja, dll
3. Tidak menerima kunjungan cucu. Ini cukup berat tapi masuk di akal karena cucu bisa sebagai carrier tanpa tanda apapun, mereka sangat imun.
4. Jaga jarak (1 meter atau lebih) dengan orang lain. Hindari bersentuhan, bersalaman, atau bercium pipi.
5. Tunda pemeriksaan rutin ke Dokter. Ini juga berat, kecuali sangat mendesak, hubungi dulu melalui telepon. Keluarga/ pengasuh memastikan lansia minum obat secara teratur dan pastikan persediaan obat yang cukup bagi lansia yang memiliki penyakit kronis;
6. Lakukan kegiatan yang menyenangkan seperti dapat membantu menghubungkan dengan rekannya melalui sambungan skype, video call, zoom, membaca atau merawat tanaman di sekitar rumah.
7. Ajarkan kebersihan diri, juga kepada pengasuh untuk sering mencuci tangan dengan sabun. Jaga kebersihan barang yang digunakan.
8. Larang kunjungan ke rumah jompo. Rumah jompo tempat kumpulan orang sangat rentan virus. Hanya orang-orang sehat dan tidak ada riwayat terpapar dengan lingkungan yang berisiko penularan yang dapat menemui/ mendampingi lansia.
9. Jangan berkompromi dengan rutinitas harian mereka seperti ibadah tepat waktu, tidur tepat waktu, olahraga, makan, sosial (komunikasi dengan HP) juga tepat waktu. Jangan ubah, supaya nyaman.
10. Cukup tidur, malam 6-8 jam dan siang 2 jam. Boleh meningkatkan imunitas dengan makan makanan dengan gizi seimbang (cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral).
Mungkin bisa ditambah dengan anjuran lainnya yang sejalan dengan anjuran ini. Dan itu hendaklah dipatuhi oleh para lansia agar terhindar dari covid-19.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: