Mengambil Pesan 'Kata-kata Mutiara'


BERUSAHA memahami makna kata-kata motivasi yang diucapkan oleh orang-orang hebat dan terkenal, itu satu hal. Berusaha melaksanakannya dalam kehidupan, itu hal lain. Keduanya saling berhubungan tapi belum tentu keduanya mau atau dapat disekalijalankan. Sangat terganung kepada yang mencoba memahami dan melaksanakannya.

Kalimat-kalimat hebat yang disampaikan oleh orang-orang hebat sejatinya penting dan berguna bagi kita. Dengan kalimat-kalimat yang memotivasi dan menginspirasi kita cenderung akan berpengaruh positif dan juga akan melaksanakannya. Bagaimanapun itu karena dianggap memang berguna bagi kita.

Saya ingin mengutip dan membagi ulang di sini beberapa pernyataan dari para tokoh sukses yang telah membuat kehidupan seseorang lebih bermakna. Inilah 3 (tiga) pernyataan dari tiga orang yang namanya tentu saja sudah kita kenal. 

Pernyataan pertama berbunyi, "Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan yang hebat adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan. Jika kamu belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan puas."  Kalimat ini dikatakan merupakan buah pikiran dari Steve Jobs yang banyak dikutip dan sering kita temukan dalam banyak bacaan. 

Pernyataan kedua berbunyi, "Berpura-puralah sampai kamu berhasil! Bertindak seolah-olah kamu memiliki semua kepercayaan yang kau butuhkan sampai itu menjadi kenyataanmu," yang dikatakan diucapkan oleh Brian Tracy.

Sedangkan pernyataan ketiga yang ingin saya kemukakan adalah, "Ketika kamu ingin sukses seburuk yang kamu inginkan, maka kamu akan sukses." Dikatakan bahwa pernyataan ini diucapkan dan merupakan buah pikiran dari Eric Thomas.

Mungkin saja kalimat-kalimat itu sudah pernah diucapkan oleh tokoh lainnya sebelum mereka mengatakan begitu. Tapi kutipan yang diambil dari situs bola.com ini mengatakan demikian adanya. Tanpa menapikan kemungkinan ada referensi lain yang menyatakan selain dari itu, mari kita pahami saja makna yang terkandung di dalamnya. Pesan apa yang perlu kita tangkap dari pernyataan itu, itulah yang menurut saya lebih penting. Saya sepenuhnya mempercayai itu agar saya tidak ragu-ragu mengatakannya.

Pernyataan pertama jels sekali bahwa untuk melakukan pekerjaan hebat hendaklah dengan mencintai poekerjaan itu sendiri. Cinta adalah modal utama. Ketika itu belum juga didapartkan, kata Steve Jobs teruslah dicari. Akhirnya apsti akan didapatkan. Kuncinya kembali kepada kita sendiri.

Saat seseorang mampu berperan seolah-olah bisa, seolah memiliki kepercayaan yang tinggi, ujungnya akan bisa juga. Jadi, jangan mengatakan tidak bisa ketika memulainya. Perasaan tidak bisa justeru akan menjadikan kita benar-benar tidak bisa. Itulah yang dikatakan Brian Tracy itu. Mampukah kita berlaku bisa meskipun sebenarnya tidak bisa? Jika bisa, lakukanlah hingga benar-benar bisa.

Dan mutiara kata yang ketiga dapat kita pahami sebagai target sukses yang kita tetapkan. Tidak harus muluk-muluk. Pada target terendah atau terburuk sekalipun, jika bisa kita lakukan dengan baik maka akan tercatat kita sebagai orang yang sukses. Artinya, sukses itu ada pada diri kita sendiri yang memutuskannya.***

SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments: