Jangan Menjadi Ember Bocor

Oleh Ustadz Monas

MUHASABAH dan renungan. Apa yang telah kita lakukan? Tanyalah diri sendiri. Engkau bersedekah, tapi kemudian engkau mengungkit-ungkit kembali. Maka itu sama seperti ember bocor. Engkau mengerjakan sholat malam, tapi kemudian engkau ujub di pagi harinya, maka itu sama seperti ember bocor. 

Engkau mengenakan hijab, tapi engkau memakai pakaian yang ketat, maka itu sama seperti ember bocor. Engkau menjalankan puasa, tapi engkau tidak meninggalkan berkataan dusta, maka itu sama seperti ember bocor. Engkau berwudhu dengan sempurna, tetapi engkau boros dalam memakai air, maka itu sama seperti ember bocor. 

Engkau bersikap ramah kepada orang lain dan memuliakannya saat di hadapannya, tapi setelah dia pergi engkau merasa dengki dan menggunjingnya, maka itu seperti ember bocor.  Engkau berdoa siang malam dengan penuh khusyu', tetapi engkau memakan sesuatu yang haram, maka itu sama seperti ember bocor. Engkau mampu pergi haji dan umroh, tapi engkau enggan membayar hutang, maka itu sama seperti ember bocor. 

Engkau mampu berjuz-juz membaca Al qur'an, tapi engkau memutuskan tali silaturahim, maka itu sama seperti ember bocor. Engkau rajin menjalankan semua ibadah, baik yang wajib dan yang sunah, tapi engkau mencaci, memamakan harta orang lain, menumpahkan darah, mendzalimi orang lain, hasad, riya, ujub, melakukan kesyirikan, maka itu semua sama seperti ember bocor. Dan begitulah pada akhirnya, engkau hanya akan mengumpulkan kebaikanmu seperti dalam sebuah ember yang bocor. 

Satu sisi engkau mengumpulkan dengan susah payah namun kemudian engkau menghilangkannya dengan mudah dari sisi yang lain. Ya Allah, istiqomahkan kami dalam melakukan amal shalih, luruskan niat kami, jadikanlah kami kedepan menjadi lebih baik lagi dan jauhkan kami dari kebangkrutan pahala serta sikap yang dapat merusak amal shalih. 
Monas Inspire Mochamad Nasrudin

SHARE THIS

Author:

Facebook Comment

0 Comments: