9 Des 2021

Melihat Musda ke-4 LPTQ Kabupaten Karimun


PUKUL 07.30 WIB, Kamis (09/12/2021) pagi, itu di ruang rapat Cempaka Putih, Kantor Bupati Karimun sudah hadir beberapa orang. Mereka adalah pengurus LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kabupaten Karimun. Mereka duluan hadir untuk mempersiapkan segala sesuatunya dalam rangka akan dilaksanakannya Musda (Musyawarah Daerah) ke-4 LPTQ Kabupaten Karimun. Di ruang rapat utama Kantor Bupati hari ini akan dihelat Musda ke-4 LPTQ yang sempat tertunda beberapa kali.

Sebelum Musda hari ini, sesungguhnya sudah pernah terjadwal sampai dua kali Musda ini. Pertama, direncanakan akan dilaksanakan pada momen MTQ (Musbaqah Tilawatil Quran) pada bulan Maret 2021 lalu. Saat itu ada MTQ Tingkat Kabupaten di Tanjungbatu, Kecamatan Kundur. Sudah menjadi kelaziman kalau setiap helatan MTQ akan selalu ada satu acara Musda atau Rakerda (Rapat Kerja Daerah) LPTQ Kabupaten di antara jadwal MTQ.

Kedua, disebabkan oleh masih maraknya covid-19, waktu itu, maka Musda ditiadakan pada saat MTQ. Dan direncanakan di luar MTQ saja. Ancar-ancar jadwalnya adalah sekitar bulan Oktober 2021. Beberapa bulan pasca MTQ itu. Namun rencana jadwal di bulan Oktober tidak kesampaian. Kesibukan berbagai pihak membuat rencana jadwal kedua ini gagal. Ketiga, akhirnya dijadwalkan pada bulan November, tepatnya pada tanggal 17 November 2021, tiga pekan yang lalu. Pengurus LPTQ Kabupaten yang menjadi panitia pelaksana sudah menyiapkan segala-sesuatunya. Buku Panduan dan lain-lain disiapkan, meskipun rencana Musdanya akan dibuat sedarhana saja. Sayangnya jadwal ini harus ditunda juga karena bupati ternyata mendadak ada kegiatan lain pada sekitaran tanggal itu.

Keempat, lalu dijadwalkan kembali. Di akhir bulan November, kemarin, bupati memberikan gambaran waktu lowongnya, sekitar pekan pertama bulan Desember 2021. Dan sepekan menjelang hari H bupati memastikan akan membuka Musda pada tanggal 9 Desember 2021. Meskipun pada hari yang sama ada empat kegiatan yang harus dihadirinya, dia memastikan LPTQ salah satunya. 

Pesannya saat memberikan jadwal itu, Musda LPTQ diminta untuk awal hari. Artinya, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakannya, dia minta LPTQ duluan dibuka, baru dia meneruskan beberapa kegiatan lain. Itulah sebabnya maka jadwal Musda ini disampaikan kepada para peserta dan undangan akan dilaksanakan pada pukul 08.00 dengan persiapan pada pukul 07.30. Artinya, undangan disebarkan dengan jadwal waktu pukul 07.30.
 
Pukul 08.10 Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi bersama Wakil Bupati, H. Anwar Hasyim, MSi tiba di ruang Cempaka Putih, tempat akan dilaksanakannya Musda. Didampingi beberapa orang, termasuk ajudannya bupati langsung duduk di kursi depan. Wakil Bupati disebelah kananya dan Ketua LPTQ diminta duduk di sebelah kirinya. Para peserta sudah duduk melingkar sesuai susunan kursi di ruang rapat itu.

Suhardi, salah seorang pengurus LPTQ yang bertindak sebagai MC memulai acara. Setelah pembacaan alquran oleh Amirullah Sahputra dan menyanyikan lagu Indonesia Raya acara selanjutnya adalah laporan oleh Ketua Panitia Pelkasna. Disampaikan dengan singkat perihal dasar kegiatan, tujuan kegiatan, peserta dan hal-hal lainnya, Ketua Pelaksana yang juga Ketua Harian LPTQ Kabupaten Karimun menutup laporannya.

Acara selanjutnya adalah sambutan dan pengarahan oleh Bupati Karimun sekaligus membuka secara resmi Musda ke-4 LPTQ Kabupaten Karimun Tahun 2021. Dalam sambutannya beberapa pesan penting yang disampaikannya antara lain pentingnya keberadaan LPTQ sebagai lembaga yang membina dan mengembangkan alquran. Kerja sama LPTQ dengan berbagai pihak dalam usaha melaksanakan program LPTQ selama ini telah membuktikan dengan prestasi yang diraih kafilah Kabupaten Karimun di STQ dan MTQ Tingkat Provinsi.

Untuk dimaklumi, lima tahun terakhir --sejak tahun 2017-- kafilah Kabupaten Karimun mampu meraih Juara Umum empat tahun berturut-turut (STQ 2017, MTQ 2018, STQ 2019 dan MTQ 2020). Hanya pada STQ tahun 2021 ini gagal mempertahankan predikat Juara Umum. "Saya harapkan pada MTQ tahun depan, kita kembali meraih predikat Juara Umum di ajang MTQ Tingkat Provinsi." Untuk itu bupati berharap, pengurus yang nanti akan terpilih dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebaik-baiknya.

Acara pembukaan ditutup dengan pembacaan doa oleh salah seorang pengurus, Ustaz Zulkifli. Selanjutnya istirahat dan bupati serta wakilnya meninggalkan ruangan Musda untuk mengikuti kegiatan lain yang sudah menunggunya. Info yang disampaikian kepada hadirin, peserta Musda, bupati akan mengikuti vidcon dengan topik Anti Korupsi se-Dunia yang diikuti moleh seluruh Pemda Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Sementara Wakil Bupati juga akan mengikuti acara lainnya. Kabarnya, dia akan menghadiri acara yang dilaksanakan oleh Baznas Kabupaten Karimun.

Begitulah sedikit catatan kegiatan Musda LPTQ yang agendanya adalah laporan pertanggungjawaban keuangan dan kegiatan, menyusun program dan penetapan Tim Formatur Pemerintah untuk memilih dan menetapkan kepengurusan baru LPTQ periode 2021-2025. Setelah acara pembukaan, kegiatan akan dilanjutkan dengan sidang-sidang peleno dan komisi sesuai jadwal dan mekanisme Musda yang sudah ditetapkan.***



SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan Tetap, Mengabdi di Pendidikan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Komentar