3 Des 2021

Pengukuhan Pengurus PMKK Disponsori Baznas Karimun


BERTEMPAT di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, hari Kamis (02/12/2021) telah dilaksanakan pengukuhan pengurus Persatuan Muballigh Kabupaten Karimun (PMKK) masa bakti 2020-2025. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos MSi dengan dihadiri juga oleh Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim, MSi. 

Ikut juga hadir pada acara yang disejalankan dengan penobatan Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si sebagai Duta Zakat Kabupaten Karimun antara lain Forkopimda Kabupaten Karimun seperti Kapolres, Dandim, Danlanal, Kajari dan Ka. Pengadilan Agama. Selain itu ada juga para Kepala Bank yang beroperasi di Kabupaten Karimun --BNI, BRI, Mandiri, Bank Riau Kepri, BSI-- para pimpinan OPD Kabupaten Karimun, Pimpinan Ormas dan Organisasi Keagamaan serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Acara yang akan dilanjutkan dengan pembekalan muballigh untuk memaksimalkan pengumpulan ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah), itu ditaja oleh Baznas Kabupaten Karimun. Karena ini adalah acara Baznas Kabupaten Karimun maka Baznas sendiri bertindak sebagai sponsor (penaja) kegiatan. Beberapa acara dari Baznas kabupaten Karimun antara lain, penobatan bupati sebagai Duta Zakat, pembekalan muballigh untuk memaksimalkan pengumpulan ZIS serta pemberian penghargaan kepada UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di Kabupaten Karimun. Penjelasan ini disampaikan Ketua Komisoner Baznas Kabupaten Karimun, H. Nsrial saat memberikan kata sambutan, Sekapur Sirih.

Acara berjalan lancar dengan diawali kumandang lagu Indonesia Raya dan Mars Karimun. Lalu pembacaan ayat-ayat suci alquran oleh salah seorang ustaz yang hadir. Acara ketiga adalah pembacaan SK Bupati tentang pengurus PMKK yang dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus PMKK oleh Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq. Acara berikutnya adalah Sekapur Sirih dari Ketua Baznas Kabupaten Karimun, Drs. H. Nasrial.



Dalam pidato Sekapur Sirihnya, Pak Nasrial menjelaskan keadaan Baznas saat ini. Dari keadaan keuangan (uang masuk) dan pendistribusiannya sampai kepada penjelasan berbagai kegiatan Baznas selama periode lalu. "Karena pengaruh covid, sedikit banyak ada pengaruhnya kepada ekonomi umat yang sekaligus berpengaruh kepada pembayaran zakat dari umat," jelasnya saat memberikan pidato. Namun demikian Pak Nasrial mengatakan kalau aktivitas Baznas tidak berkurang berbanding sebelum covid. Beberapa kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan dilaporkan oleh Ketua Baznas itu di hadapan para hadirin.

Ketua Baznas, itu menjelaskan bahwa pada acara ini juga disejalankan dengan pemberian penghargaan kepada UPZ (Unit Pengumpul Zakat) terbaik yang pada periode ini yang diraih masing-masing oleh UPZ Polres Karimun, UPZ Sekretariat Daerah Karimun dan UPZ Kemenag Kabupaten Karimun. Ditambahkannya, juga bahwa pada acara ini juga sekaligus penyerahan zakat kepada muballigh Kabupaten Karimun sebagai hak fisabilillah sebesar Rp 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah).

Acara selanjutnya adalah penobatan Bupati, H. Aunur Rafiq sebagai Duta Zakat Kabupaten Karimun yang dinobatkan langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Karimun. Dengan memasangkan selempang bertulisan 'Duta Zakat', resmilah Pak Bupati sebagai Duta Zakat Kabupaten Karimun. "Pak Aunur Rafiq adalah orang yang paling konsens dengan zakat. Maju dan berkembangnya pengelolaan zakat di Kabupaten Karimun, itu berkat Bupati dan Wakil Bupati," jelas Pak Nasrial. Pak Nasrial juga menjelaskan bahwa Pak Rafiq aktif membayar zakatnya setiap tahun di Baznas Karimun.

Acara terakhir sebelum doa adalah sambutan Bupati Karimun. Dalam sambuatannya Pak Rafiq menyatakan rasa terima kasihnya kepada Baznas Karimun atas kerja keras selama ini telah memberikan kontribusi yang nyata bersama Pemda dalam usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Baznas memiliki peranan yang sangat penting dalam program pengentasan kemiskinan dalam masyarakat," katanya. Dia juga mengatakan bahwa predikat 'duta zakat' pada dasarnya adalah menambah beban moral. 

"Saya berharap para muballigh yang tergabung dalam PMKK menjadi corong utama untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya zakat." Begitu bupati menyampaikan dalam sambutan pengarahannya. Dengan pengurus PMKK yang baru dan semangat berdakwa yang tinggi, tentu diharapkan pemahaman masyarakat perihal zakat semakin baik.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Pak Mukhlis. Lalu berikutnya sesi berfoto. Dari awal hingga akhir, kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.***


SHARE THIS

Author:

M. Rasyid Nur Pensiunan Guru PNS (2017) dan tetap, mengabdi di pendidikan serta organisasi sosial, keagamaan dan kemasyarakatan

Facebook Comment

0 Comments:

Silakan Beri Komentar